PENELITI BELANDA: SEMBURAN LUMPUR DI PORONG BERSIFAT ALAMIAH

sumber metrotvnews.

28/08/2006 21:20 – Nusantara/Top Nine News

 

Robby, salah satu peneliti.
(Metro TV)

 

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Upaya untuk menghentikan semburan lumpur panas di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, terus dilakukan. sejumlah peneliti dari luar negri seperti dari Belanda didatangkan. Mereka mengkaji dan mendeteksi apakah

semburan lumpur di Porong dapat dihentikan atau tidak. Robby, salah seorang peneliti mengungkapkan pihaknya kini masih melakukan pencatatan data seputar lumpur dan topografi di areal sumur lumpur.

Berdasarkan hasil penelitian sementara para peneliti asal Belanda, semburan lumpur panas di porong bersifat alamiah. Karena sifatnya alamiah seperti halnya gunung meletus, maka sulit diprediksi kapan semburan tersebut akan berhenti secara alamiah.(BEY)

About these ads

16 Balasan ke PENELITI BELANDA: SEMBURAN LUMPUR DI PORONG BERSIFAT ALAMIAH

  1. nha mengatakan:

    setuju…. jgn terlalu banyak pihak yg disalahkan

  2. Hendra mengatakan:

    Masa’ sih mbak?

  3. Nanda Ariesta mengatakan:

    Semua ini terjadi karena SB Yudhoyono menjadi Presiden RI, karena aura Ybs sangat panas, maka alam menolak kehadiranya sebagai presiden. Semua bencana di Indonesia ini akan berakhir saat dia berhenti dari kursi kepresidenan.

  4. wild well control berbicara mengatakan:

    itu bisa di hentikan dgn cara merig-up lagi blow out preventernya.maslahnya sekarang wellheadnya sudah tenggelam beserta bopnya,..so cara yg terbaik merig-upkembali bop atau stack..di sumur tersebut…atau bisa juga dilakukan freezing job…dimana sumur itu bisa di beku..system freezed sudah banyak dilakaukan…contoh di bp java .soalnya SIDETRACK DGNMEMAKAI SNUBING UNIT/ DRILLING RIG NDA BERHASIL..ISTILAHNYA SUNTIK DARI SAMPING SEKALIGUS DORONG BHA YG KETINGGLAN DI DALAM TOOO POMPA GAS BLOCK LALU CEMENT PLUG..NYATANYA MEMBLE…HEHEHEH..,jadi tinggal di frezed job aja pasti bisa koq.

    salam
    putra manado

  5. arisiswanto mengatakan:

    gini buat semua komentator yang telah menyempatkan dirinya memberikan komentarnya seputar luapan lumpur LAPINDO, saya ucapkan terima kasih banyak karena sampai saat ini masalah tersebut tetap dijadikan topik hangat untuk dikupas habis, walaupun dalam taraf WACANA, atau dalam bahasa warung kopian aja yang sampai kapanpun kayaknya takkan pernah terselesaikan.
    diatas banyak disinggung bahwa kejadian itu murni karena alam. tapi ada juga yang beranggapan bahwsa itu tidak pernah lepas dari intervensi tuhan. tapi perlu kalian ketahui, baik kejadian itu berasal dari tuhan ataupun tidak, kejadian itu tetap harus di tanggulangi lebih lanjut, jangan sekedar ngoceh kesana kemari tanpa ada hasil yang signifikan, benerkan!
    jika ada komentar kirim aja ke mail: arisiswantok@yahoo.com

  6. Prieyono mengatakan:

    Memang sih, kalo gak bisa disumpel dan ini mungkin merupakan proses terjadinya gunung dikemudian puluhan tahun yang akan datang.
    Jadi lebih baik semua komponen masyarakat mengevakuasi kan diri demi kemanan keluarganya.
    Dan bagi LAPINDO atau siapapun harus segera pasang pipa untuk buang air kelaut sehingga sebagian beaya untuk digunakan membantu dalam evakuasi masyarakat.
    Gitu kan………….

  7. Bairro mengatakan:

    DR Mulyono,
    Lha menurtut anda peristiwa Porong ini kehendak Allah bukan ?
    Lha kalau sudahkehendakNya (menurut anda yg DR ini) berarti tidak bisa di atasi dong. Pernyataan yang contradictory itu membingungkan ?
    Kok anda juga tahu kalau landa pasti tidak tahu ? berarti anda pasti tahu karena “bukan landa”
    Wah wah wah sampeyan sampeyan hebat pak DR

  8. DR. M. Mulyono, M.Sc. mengatakan:

    Memang benar Pak Rovicky. Dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, termasuk Jenderal Berbintang Dua, persoalan Lapindo ini menjadi semakin rumit. Saya hanya melihat dari sisi teknologi saja. Mudah-mudahan persoalan ini cepat selesai. Kasihan rakyat Sidoarjo.

  9. Rovicky mengatakan:

    Trimakasih Pak Mulyono,
    Ada yg bilang bahwa penggunaan orang asing ini karena “permintaan” pihak asuransi. Dan kalau terbukti karena alam maka asuransi tidak mengganti. Mereka (asuransi) hanya membayar/mengganti rugi kalau kejadian itu merupakan kecelakaan industri.
    Nah bagaimana (ini misal saja, karena harus dibuktikan pengadilan) kalau yg terjadi diawali kecelakaan industri yg memicu kebencanaan (peristiwa alami) ?

  10. DR. M. Mulyono, M.Sc. mengatakan:

    Tidak ada masalah yang tidak dapat diatasi, kecuali kalau memang sudah kehendak Allah. Peneliti Londo itu kan gak ngerti masalah bawah tanah. Mana ada wong londo ngerti ngebor minyak. Jangan pesimis mas….. Yang penting sekarang ini, di samping usaha menghentikan semburan, segere menangani lumpurnya. Diolah juga bisa, water treatment technology juga tersedia, ahli-ahli juga ada, peralatan juga ada, tinggal niatan baik dari Lapindo saja. Kegiatan minyak juga menghasilkan campuran minyak, air, lumpur, dan gas. Air terproduksi volumenya jauh lebih banyak daripada air lumur Sidoarjo. Coba kaji teknologi yang digunakan di perminyakan. Jangan-jangan Lapindo terlalu arogan sehingga tidak mau meminta tolong sesama teman dari perusahaan minyak. Atau sebaliknya memang teman-teman dari perusahaan minyak “nyukurin” Lapindo karena arogan dan rakus, jadi berpangku tangan saja.

  11. agorsiloku mengatakan:

    Mas firepro eng. Aku neh bodo, jadi aku jelas berita/artikel Kompas 24 Juli 2006. Ini saya kutipkan : …. Saat proses penarikan pipa hingga 4.241 kaki pada 28 Mei pukul 08.00-12.00, terjadilah kick. Kekuatannya 350 psi. Kemudian disuntikkanlah lumpur berat ke dalam sumur.

    Ketika hendak ditarik lebih ke atas, bor macet atau stuck di 3.580 kaki. Upaya menggerakkan pipa ke atas, ke bawah, maupun merotasikannya gagal. Bahkan pipa tetap bergeming saat dilakukan penarikan sampai dengan kekuatan 200 ton. Upaya ini berlangsung mulai pukul 12.00 hingga 20.00. Selanjutnya untuk mengamankan sumur, disuntikan semen di area macetnya bor.

    Akibat macet, akhirnya diputuskan bor atau fish diputus dari rangkaian pipa dengan cara diledakkan. Pada 29 Mei pukul 05.00, terjadilah semburan gas berikut lumpur ke permukaan.

    Jadi jelas, semburan itu alamiah yang dipicu oleh gagalnya pengeboran oleh Lapindo. Kenapa gagal… eh… tanya saja, berapa dalam casing dipasang dan berapa dalam mata bor sudah masuk… jelas deh….

    Tapi jelas pula, Pemerintah kita menganggap bahwa rakyat Porong yang kena getahnya adalah stake holder Lapindo, itu rakyat Lapindo, bukan rakyat Indonesia. Jadi penyelesaiannya setengah hati. Mulai dari Bupatinya sampai Menteri yang di Jakarta. Mudah-mudahan cepat sadar.

  12. dian mengatakan:

    Lha kok jadi mencari pembenaran saja
    Jangan-jangan supaya memang dikesankan biar tenggelam saja kawasan Porong, biar murah dikelola nantinya

  13. FirePro Engineering mengatakan:

    Saya berpendapat bahwa luapan lumpur panas yang saat terjadi di Sidoarjo bukan akibat dari pengeboran PT LAPINDO melainkan peristiwa alam, karena danya keretakan kulit bumi di daerah tersebut. Dan, tidak menutup kemungkinan keretakan ini terkait dengan adanya gempa di Jogya beberapa waktu yang lalu. Secara kebetulan saja, titik pengeboran PT LAPINDO berada di daerah/di atas retakan sehingga seolah-olah merupakan akibat dari adanya kegiatan pengeboran.
    Sejak beberapa hari setelah terjadinya luapan lumpur panas Sidoarjo, saya menyampaikan pada teman-teman kerja saya di kampus bahwa upaya penghentian luapan lumpur panas di Sidoarjo tidak akan pernah berhasil, walaupun, dengan berbagai cara dan teknologi mutakhir yang ada (Snubbing Unit, Side Tracking, Relief Well). Luapan lumpur ini akan berlangsung terus sesuai dengan proses alam yang terjadi. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa titik semburan lumpur p[anas tidak hanya 1 (satu) melainkan di beberapa titik. Ini yang menguatkan dugaan saya bahwa terjadinya luapan lumpur panas yang terjadi bukan karena adanya kegiatan pengeboran melainkan lebih bersifat alamiah.
    Menurut saya, yang terpenting saat ini harus dilakukan bukan mencoba menghentikan luapan lumpur – yang merupakan pekerjaan sia-sia – melainkan mencari upaya meminimalkan kerugian dan dampak negatig akibat luapan lumpur tersebut, baik aspek manusia maupun lingkungan. Semua sumber daya yang ada sebaiknya difokuskan pada upaya ini agar dapat memberikan hasil yang maksimal.
    Prediksi saya, luapan lumpur panas ini akan semakin membesar, baik volumenya maupun daerah luapannya. Kondisi ini harus diwaspadai mengingat keberadaan pola retakan kulit bumi di daerah Sidoarjo yang sulit diprediksi.
    Saya sarankan untk mencoba menghubungi ahli gempa Indonesia, yaitu Bapak Suwandoyo Siddiq. Beliau adalah mantan dosen saya sewaktu menempuh Program S2 di ITB yang merupakan staff di Lab. Permukiman KIMPRASWIL Cileunyi, Bandung.

  14. Rovicky mengatakan:

    Jauh-jauh dari londo kok cuman …. “… sulit …”
    Apa mungkin ini sekedar menenangkan pihak-pihak yg masih kurang yakin dengan kemampuan engineer lokal, ya ?.

    rdp
    “nggrundel !”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: