Delta Lumpur di Kali Porong

RADAR SIDOARJO      Sabtu, 29 Sept 2007
SIDOARJO – Dampak sedimentasi Kali Porong akibat pembuangan lumpur terus terlihat. Kemarin (28/9), aliran sungai pecahan Kali Surabaya itu tampak terhenti. Sedimentasi membentuk semacam delta yang menghambat arus air menuju muara.

Di lapangan, lumpur yang dibuang melalui pipa spillway semakin tinggi. Sebagian besar bahkan mengeras dan tampak retak-retak karena panas. Rekahan bongkahan lumpur itu terlihat di hampir seluruh badan sungai sepanjang 140 meter.

Jarak permukaan sedimen dengan pipa pembuangan semakin dekat. Genangan air yang biasanya tampak hijau berubah menjadi hamparan lumpur kering. Kondisi itu terjadi karena kapal keruk belum beroperasi dan terdampar di tengah sungai.

Kapal yang disiapkan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) itu belum bekerja memecah sedimentasi seperti program semula. Padahal, BPLS sudah memulai kembali pembuangan lumpur ke Kali Porong. Itu dilakukan karena kondisi tanggul pusat semburan sangat riskan menahan debit lumpur yang masih tinggi, sekitar 80 ribu meter kubik per hari. BPLS bahkan menambah dua pompa untuk memompa Kali Porong.

Humas BPLS Achmad Zulkarnain menjelaskan, pembuangan ke Kali Porong merupakan alternatif terakhir yang bisa dilakukan. Sebab, jika lumpur dialirkan ke utara, itu dikhawatirkan meluber dan menggenangi permukiman penduduk. “Kami masih berupaya mencari alternatif lain,” ujar Zulkarnain.

Dia berharap, dampak yang ditimbulkan tidak begitu besar. Namun, BPLS tetap berupaya mengatasi endapan. Zulkarnain menyatakan bergantung pada arus deras Kali Porong di musim hujan nanti. Ketika musim hujan, sedimentasi bisa tergerus air yang mengarah ke muara.

Sementara itu, pipa PDAM yang pecah di Jl Raya Porong sudah diperbaiki. Pecahan pipa sepanjang satu meter tersebut kemarin dipotong dan diangkat untuk diganti dengan yang baru. Namun, bentuknya belum sepenuhnya simetris sehingga perlu dibenahi kembali.

Menurut Kepala Seksi Pemeliharaan Instalasi Sumber Air PDAM Surabaya Sumartono, kondisi pipa yang kurang simetris mengharuskannya mengangkat dan membenahi kembali pipa tersebut.(riq)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: