Lumpur Lapindo Bisa Dibuat Bahan Konstruksi

(2006-07-06 15:59:25)
Lumpur Lapindo Bisa Dibuat Bahan Konstruksi

Lumpur panas Lapindo ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku konstruksi bangunan seperti bahan campuran semen, bahan baku batu bata dan genteng.
– Hal itu dikatakan Assisten Deputi Menteri Lingkungan Hidup RI Urusan Pengelolaan Bahan, Limbah, Energi Minyak dan Gas, Rasio Ridho Sani usai Seminar Nasional Hasil Penelitian Mahasiswa Biologi se-Indonesia, di Kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kamis (6/7).
Menurutnya, seminggu setelah meluapnya lumpur di Desa Siring Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo, pihaknya bersama tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan penelitian di lokasi. Hasil sementara penelitian itu menunjukkan, sampel lumpur yang diteliti adalah lumpur alami yang mempunyai sifat-sifat di antaranya dapat dipakai sebagai bahan campuran konstruksi. “Tapi penelitian itu perlu ditindak lanjuti untuk memastikan apakah lumpur itu benar-benar aman untuk bahan bangunan,” ujarnya.
Lebih lanjut, pria yang akrab dipanggil Roy ini mengungkapkan, untuk mengantisipasi meluapnya lumpur ke pemukiman dan sawah penduduk, pihaknya membuat kolam-kolam penampungan lumpur di sekitar lokasi yang diperkirakan dapat menampung lumpur kurang lebih sebanyak 1.250.000 meter kubik.
Pihaknya mentargetkan pertengahan bulan ini kolam-kolam itu selesai, akan tetapi terdapat hambatan, karena sebagian masyarakat ada yang tidak bersedia menjual tanahnya untuk kepentingan ini. “Kami khawatir kalau rencana tersebut terhambat sehingga akan menimbulkan masalah dan semakin merugikan masyarakat,” tutur Roy.
Lebih dari itu, pihaknya akan terus berupaya mengantisipasi agar luapan lumpur tidak meluas dan berdampak pada aktivitas ekonomi sosial dan kesehatan masyarakat sekitar.
Roy yang juga Koordinator Supervisi Tim 2 yang menangani penanggulangan daerah genangan lumpur dan air, pemulihan bencana lumpur Lapindo mengimbau, agar semua elemen masyarakat membantu semua pihak yang sedang berupaya mengatasi masalah luapan lumpur. “Apa yang kita lakukan adalah untuk melindungi kehidupan masyarakat,” tegasnya.
Kepala Bidang Pemantauan dan Pemulihan, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Propinsi Jatim, Ir Sumono MSi menuturkan, pihaknya mendukung upaya yang dilakukan semua pihak dalam rangka pemulihan bencana luapan lumpur lapindo ini.(amd)

Iklan

2 Responses to Lumpur Lapindo Bisa Dibuat Bahan Konstruksi

  1. Right now it appears like BlogEngine is the top blogging
    platform out there right now. (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

  2. farh berkata:

    btuh info ttg perkembangan lapindo yang bisa dibantu dg konstruksi sipil….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: