HARGA SEWA RUMAH DI SEKITAR PORONG MERAMBAT NAIK

DARI MEDIA CENTER SIDOARJO (2006-08-21 15:32:26)

Harga sewa rumah di beberapa lokasi sekitar Kecamatan Porong, Sidoarjo, yang berada cukup jauh dari lokasi semburan lumpur Lapindo Brantas Inc (LBI) terus merambat naik 50% hingga 100%. Fenomena itu terjadi di Dsa Kesambi dan Simo, Kecamatan Porong serta beberapa desa di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Krembung, dan Japanan.
– Warga pemilik rumah kontrakan sengaja menaikan harga sewa rumah karena banyaknya permintaan dari warga desa yang kawasannya dibanjiri lumpur seperti, Desa Jatirejo, Siring, dan Kedungbendo.
Warga RT 18 RW 5 Desa Simo, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Asmaul (27) saat ditemui di kediamannya, Senin (21/8) mengaku, rumah dua tingkat yang dibangun awal 2006 lalu dengan luas 13 x 8 meter sengaja disewakan dengan harga lebih tinggi 75% dari harga biasanya karena banyaknya pemesan serta adanya berita bahwa setiap KK memperoleh biaya kontrak rumah dari Lapindo sebesar Rp 5 juta untuk dua tahun.
“Selain karena banyaknya permintaan pasar, kami juga menyesuaikan dengan biaya yang diberikan Lapindo kepada para pengungsi,” kata Ibu yang mengaku rumahnya sudah di pesan warga Jatirejo ini.
Asmaul mematok harga kontrakan rumahnya Rp 2,5 juta per tahun, satu juta lebih mahal dari harga pasar untuk tipe rumah seukuran miliknya. Dia juga mengaku rumahnya itu sudah ditawar 19 orang.
Beberapa warga yang sudah mengontrak rumah beralasan hanya ingin mengamankan barang-barangnya, sementara penghuninya sengaja tetap tinggal di pengungsian menunggu uang yang dijanjikan Lapindo. Setelah memperoleh uang, baru mereka pindah menempati rumah yang dikontraknya itu.
Warga RT 3 RW 1 Desa Jatirejo, Pujiono (42) mengaku, sudah memperoleh kontrakan rumah di Desa Japanan, Kecamatan Gempol, Pasuruan dengan harga Rp 2 juta per tahun. “Istri dan dua anak saya masih berada di pengungsian sedangkan sebagian perabot rumah saya sudah dibawa ke rumah kontrakan,” ujarnya. Sampai hari ini Pujiono belum memperoleh biaya sewa rumah, yang dijanjikan LBI.(amd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: