Pandangan dari atas

tambak di ujung delta pangkah, lihat juga dalam skala lainnya dibawahUntuk memberikan gambaran dalam skala ruang (peta). Berikut saya lampirkan foto-foto yang diambil dari atas. Berapa luas daerah yg terkena dampak lumpur ini. Mungkin sulit bagi yg tidak sempat melihat. kalau sebelumnya geology hanya melihat bawah permukaan saja, sekarang kita lihat bagaimana pandangan seorang geologi melihat dampak dari permukaan.

Klick gambar utk memperbesar

Klik untuk memperbesar gambar

Pandangan dari atas (satelite view).
Perhatikan luas area yg terpengaruh. Seberapa skala yg diakibatkan oleh lumpur, bayangkan dari sebuah lubang sumur berukuran sekian inci itu (+/- 10 inci) mampumembuat rekahan sampai mengeluarkan material sebanyak itu. Seberapa besar pressure atau tekanan dibawah tanah. Tekanan yang mampu mendorong seluruh material (lumpur) ke permukaan dengan debit 50 000 m kubik sehari.

Juga jangan lupa perhatikan skala jarak 500 m yang ada disebelah kiri, ini bisa dipakai untuk melihat skala luas dampak yangg ditimbulkannya. Nantinya dengan pandangan skala ini bisa dibayangkan seberapa besar kemungkinan akan menenggelamkan sebuah kota atau sebuah desa ? Seberapa besar kemungkinannya.
Klik untuk memperbesar gambarBerikutnya disamping kiri ini adalah pandangan miring dari helikopter (helicopter view) ada juga yg menyebutnya “bird view“.

Sekarang kita lihat sama-sama pandangan dari helikopter secara miring ini. Bisa terlihat seandainya jalan itu hanya garis kecil membelah kolam-kolam lumpur. Digambar ini terlihat bagaimana jalan tol di tengah membelah kolam ini dan dapat dibayangkan bagaimana ketika tanggul disekitar tol ini jebol. Ya kita dapat melihat dan memperkirakan risiko berada jalan tol. Foto ini diambil 29 july dulu. Terlihat bagaimana dampak jebolnya dinding atau tanggul yg membanjiri perumahan disebelahnya (sebelah kiri).
dari-atas-3.jpg

Disamping ini gambaran yg diambil pada tanggal yang sama 29 July 2006 dilihat dari sisi sebelahnya yg lain. Terlihat perumahan yg tersapu banjir akibat jebolnya tanggul sehari sebelumnya.

Sangat cepat penjalaran banjir lumpur ini. Hanya dalam sehari saja sudah menghabiskan berpuluh-puluh rumah penduduk.

klik memperbesar

Masih seperti pandangan diatas memperlihatkan lokasi jebolnya tanggul pada tanggal 28 July 2006 lalu. Serta alirannya yang menyebar kemana-mana. Karena topografi daerah ini sangat landai maka penyebaran lumpur ini akan terkonsentrasi di lokasi semburan, dan menyebar kesegala arah.
dari-atas-5.jpg

Gorong-gorong dibawah ini sering merupakan titik lemah dalam tanggul. tanggulSeperti yg saya gambarkan sebelumnya disini, bahwa bagian dasar dari tanggul ini merupakan daerah yg menerima beban tekanan tinggi kolom air yang terbesar. Gambar sebelah membuktikan bahwa aliran dari bawah ini yg harus diamati ketika ketinggian kolom lumpur sudah mencapai titik maksimum. Rembesan-rembesan kecil harus diawasi karena akan menjadikan awal jebolnya tanggul. Selain itu kondisi awal atau denah /peta lingkungan sebelum dibangunnya bendung atau tanggul ini perlu diketahui dengan baik untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebocoran dan jebolnya tanggul-tanggul yg sudah dibuat saat ini.
klik memperbesar gambar

Sisi pandangan lain dari luapan lumpur ini juga memperlihatkan desain pembangunan tanggul-tanggul yg sudah direncakan dengan sistem buka tutup untuk mengantisipasi melubernya air. Ada sedikit kendala tentunya. Salah satunya adalah bahwa lumpur ini terdiri dari 30% material padatan yg akan mengendap sehingga akan mendangkalkan kolam-kolam ini dengan sangat cepat.
Sekali lagi saya tampilkan delta buatan yang merupakan hasil rekayasa yang berada di sebelah utara kota Gresik. Kali ini saya tampilkan delta yang ada dengan lebih detil lagi. Kita sebut saja Delta Pangkah. Apa saja yang dapat kita pelajari dari gambar disebelah ini ?.

Warna biru muda (turquoise) menunjukkan pola penyebaran sedimen yg diangkut oleh aliran air laut yg melalui Selat Madura. Batuan yg keluar dari lubang semburan di Porong ini juga sama secara genetika (pembentukannya). Jadi warna biru itu adalah endapan-endapan halus berukuran lempung yg menyebar dan terendapkan didasar-dasar laut.

klik untuk memperbesarPerhatikan skala pembanding yang ada. Dimensi dari kanal buatan yg konon dibuat sekitar 100 tahun yang lalu ini memiliki panjang 15 Km. Bandingkan dengan ukuran kolam-kolam di lumpur Sidoarjo pada gambar paling atas. Terlihat bahwa ukuran kolam itu tidak seberapa kalau dibandingkan lumpur alami yg mendangkalkan laut. Dengan demikian menurut saya kita tidak perlu takut dengan pendangkalan yg mungkin terjadi akibat memasukkan atau mengalirkan lumpur ini ke laut. Namun ada hal lain yg perlu difikirkan yaitu komposisi kimiawi. Menurut penelitian ITS sebelumnya menunjukkan bahwa tidak perlu ditakutkan juga karena dianggap aman untuk biota-biota laut.

Selain itu bisa juga dilihat kan ? Banyak tambak-tambak ikan dan udang di delta yg ‘baru’ ini. Lah kalau memang bisa menjadi sumber ekonomi baru lak malah bagus ta ? Nah kita jangan buru-buru ketakutan dengan perubahan. jelas tidak mungkin tidak terjadi perubahan lingkungan. Usaha menghitung ulang kerugian dengan mengembalikan ekosistem seperti sebelumnya justru malah usaha sia-sia, namun usaha bagaimana beradaptasi dengan lingkungan ini yg lebih penting.

Lihat foto tambak dari dekat digambar paling atas.

Menurutku Menteri KLH justru bertugas untuk membuat lingkungan yang berubah-ubah ini tetap menjadi lingkungan yang layak huni dan layak pakai. Biarkan saja kalau Lapindo membuang “sampah”nya ke pantai. Namun KLH membuat studi ‘tandingan’ untuk membuat lingkungan tempat pembuangan ini menjadi layak pakai. Dan masih mungkin biayanya dibebankan ke siapa saja yg merubah kondisi itu. Jadi semestinya KLH berpikir foreward (kedapan) bukan hanya mencegah supaya tidak berubah, tetapi boleh merubah asalkan masih tetap layak huni.

Iklan

5 Responses to Pandangan dari atas

  1. wandi berkata:

    kita harus sama menyadiri betapa pentingnya melestarikan alam ini.
    karna alam adalah sebagia dari pada kebutuhan manusia

  2. maximos62 berkata:

    Memang ini trajedi alam dan manusia. Sebagai guru ilmu bumi saya memakai ini sebagi contoh pemimpinan pertambangan yang tidak menghargai dan tidak melestarikan alam.

  3. Cristian Angkasa berkata:

    Saya turut prihatin dengan musibah lumpur yang tidak pasti kapan berhentinya. Begitu banyak bencana yg terjadi di negeri yang dulunya indah panoramanya, luasnya hutanku dan kayanya negeriku tapi rakusnya diriku. (Maaf – maafkanlah hamba-Mu ini, ya Tuhan… Tuhan yang Maha Kuasa, hamba hanyalah seorang manusia yang mencari kehidupan yang lebih baik…. tapi… tapi.. hamba hanyalah pembawa bencana buat negeri dan bumi tercinta ini.)

    Saya sangat sedih dengan banyaknya korban akibat bencana ini. Tapi mungkinkah kita bisa menggunakan lumpur ini secara bijaksana. Baik, mari kita berpikir solusinya… berawal dr suatu pertanyaan yang simpel :
    1. bisakah kita menggunakan energi panas untuk mengeringkannya? ato apa aja deh yng bisa untuk mengeringkan (hair blow raksasa kali yaaa)
    2. Apa manfaat dr lumpur?
    3. bisakah kita jadikan lumpur sebagai salah satu sumber daya alam? apalagi lumpur kita panas?
    4. Apa sih sifatnya lumpur?
    5. jumlah populasi Indonesia mencapai kurang lebih 250 juta, berapa banyak sih yang peduli? Bisakah kita harapkan volunteeer ato supermen membantu memindahkan lumpur yg masih hangat lo!
    6. OOO ato bisakah kita jual lumpur ini, siapa tau negeri seberang lagi memerlukan lumpur?

    Saya mohon maaf lagi, saya hanya manusia biasa yang peduli dengan lingkungan demi anak-cucu kita semua dan masa depan yang indah dan damai.

    Peace

  4. data system pembuangan lumpur sidoarjo.:
    a.= siapkan Lokasi Perluasan Bandara Udara Juanda Surabaya,:
    1.Tractor Exacator Atur Petak2.setinggi 150.cm-200.cm.(30.mtrX30.mtr)Blok.
    PERLUASAN BANDARA UDARA SURABAYA JA TIM.
    2.Kendaraan Morlen muat Lumpur di Campur Bintonik & cemen.tuang ke lokasi.
    3.Siap Loksai & Pakaian Kerja Safety Karet.: Buat Cetakkan Beton Blok.:
    bahan lumpur cemen bintonik ukr:30.cm X 30.cm X 50.cm.
    30.cm X 25.cm X 60.cm. dll.ukr.
    Buat Siring Tepi2 Proyek Jalanan & jembatan2.Paret got got.
    tak perlu buang biaya Pembuangan ke.Laut 2.Systemsangat Praktis.HENAT.
    *********************************************************
    Program System By.Mr.Onny Wijaya.Hp:08159215168–081586177678–Jakarta.
    Bonus Hadiah dapat di Transfer to BANK.DANAMON.ek:219-615-11-Onny Wijaya.
    ***************=========================********************

  5. Dengan ini saya menerangkan saya sudah sejak hari ke:10.kejadian sampai saat ini banyak mengunsulkan keberbgai intansi.:
    *—————————————-*
    saya dapat cara khusus Spicial Tecknik System Super Quickly.: Hot Mud Closed locked First the Best Save Safety Program Proses.

    { To Quickly Program Proses Closed locked Hot Mud gas Sidoarjo java Indonesia.}

    *========================================================*
    Saya Bersedia diundang segera,:
    1.Syarat Undangan S K Gubenur Java.disertai di Jemput Pengawalan Keamanan.
    2.Siapkan Ruangan Khusus Lemkap Alat Gambar Designer Program.
    Computer Printer Scanner/ Foto Copy.( Ruangan Khusus aman Tenang.
    2-3.hari selesai = 5.hari rakit Program saya 7–10.hari akan Tertutup.
    3.saharusnya dari awal sudah tertutup oleh System Saya = disebabkan Banyak Pemeras2 hingga timbul dengki aneka Fitna agar Penda tak percaya system saya.
    4.
    5.sejak Niat Proses hal tersebut Hingga di P H K Bos.= Maka Saya Siap Di.Jemput.
    ke Surabaya Syarat S K Gubenur Java. dan Perlindungan : Mi & Gas Divisi
    =International Secertificate Guarantee Safety for me.=
    6.Uang Saku Jaminan =
    7.unsul Hadiah 2.hektar tanah lokasi Industries Gempol pinggil Jalan.
    akan saya cari investor Fisrt best industries in Java.
    8.Hadiah Bonus Khusus Spicial Rp: ?
    9.Hadiah Mobil Khusus Plat erah untuk di Java.
    *=================================*

    #”10===15. Super Quickly To The Proses News First Closed locked Hot Mud Gas “#
    *———————————————————————————–*
    By.Mr.Onny Wijaya.anderson.Hp:08159215168–081586177678–
    c/o.ph:021-6268088–6261606–63863477-78=Jakarta Indonesia.
    ***************************************************

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: