PEMPROP SIAP BELI BATUBATA, GENTING, PAVING BERBAHAN LUMPUR PORONG

DARI MEDIA CENTER SIDOARJO (2006-09-05 16:49:57)

Pemerintah Propinsi Jawa Timur (Pemprop Jatim) siap membeli produk berbahan lumpur Porong berupa batubata, genting, maupun paving.


– Menurut Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Propinsi Jatim, Drs Suwanto Msi, di kantornya, Selasa (5/9) siang tadi, hal itu dikemukakan Gubernur Jatim H Imam Utomo pada saat sosialisasi pemanfaatan lumpur Porong kepada warga Pasuran dan Sidoarjo di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, tadi malam.
Pada pertemuan yang dihadiri beberapa pejabat dari Propinsi Jatim, Pemkab Sidoarjo, Wakil Bupati Pasuruan, serta tokoh-tokoh masyarakat, Gubernur mengharapkan lumpur bisa diolah oleh masyarakat menjadi batubata, genting, dan paving. Prosesnya, lumpur dicampur dengan semen dan polimer. Dengan diberi polimer maka kandungan zat yang melewati baku mutu hilang sehingga menjadi netral dan tidak berbahaya. Setelah itu dapat dibuat batubata, genting, atau paving.
Dalam pelaksanaan produksi nanti, masyarakat akan dibantu peralatan, termasuk modal. “Dan hasilnya akan dibeli oleh Pemprop,” kata Suwanto mengutip pernyataan Gubernur.
Mengenai mekanisme pemberian bantuan dan pembelian, akan dibahas lebih lanjut. Termasuk sentra produksinya akan dipusatkan di mana masih diwanakan.
Untuk itu, pada pertemuan tadi malam Gubernur meminta tokoh-tokoh masyarakat dapat membantu menyosialisasikan hal ini kepada masyarakat, bahwa setelah dicampur dengan polimer lumpur menjadi netral.

Kodim 0816
Mengenai pemanfaatan lumpur, Posko Kodim 0816 Selasa (5/9) hari ini malah sudah mulai melaksanakan pembuatan batubata berbahan lumpur Porong. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kedungbendo, Tanggulangin. Bahannya diambil dari lumpur yang sudah kering di halaman rumah warga.
Komandan Koramil Tanggulangin, Kapten (Inf) Hariyadi di lokasi mengatakan, akibat luapan lumpur Lapindo banyak rumah warga tergenang lumpur. Untuk membersikan lumpur di halaman warga itu, mulai hari ini sejumlah personil dari Kodim 0816 Sidoarjo memanfaatkannya menjadi batubata dengan komposisi 50% lumpur, 50% tanah liat, ditambah sekam secukupnya.
Dalam pembuatan batubata itu masyarakat Kedungbendo juga dilibatkan. Hasilnya akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.
Selain pembuatan batubata, petugas nantinya akan dikerahkan untuk membersikan lumpur yang masih mengotori wilayah Desa Kedungbendo. Untuk itu perlu dukungan masyarakat agar pelaksanaannya cepat. Dengan demikian infrastruktur desa yang terkena bencana lumpur bisa segera pulih kembali.
“Hal tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap unsur-unsur terkait untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara menuju adil, tenteram dan makmur serta menciptakan suasana yang kondusif di masyarakat,” katanya.
Selain membersihkan lumpur, sasaran fisik yang dikerjakan TNI berupa pembangunan infrastruktur meliputi pembuatan plengsengan dan memasang geo textil serta geo craft untuk menahan tanggul agar tidak longsor saat musim hujan. Selain itu juga membantu memperkuat tanggul-tanggul agar tidak jebol serta membantu mengevakuasi masyarakat yang terkena bencana ke penampungan Pasar Baru Porong (PBP) Sidoarjo.
Upaya pemanfaatan lumpur yang masih terus menyembur terus dilakukan. Sebelumnya Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri, Institut Teknologi Bandung (ITB) mencoba membuat gardu jaga dua lantai berukuran 3 X 6 meter dengan menggunakan bahan dasar lumpur.(mdj)

Iklan

One Response to PEMPROP SIAP BELI BATUBATA, GENTING, PAVING BERBAHAN LUMPUR PORONG

  1. It’s a shame you don’t have a donate button! I’d without a doubt donate to this fantastic blog!
    I suppose for now i’ll settle for book-marking and
    adding your RSS feed to my Google account. I look forward to fresh updates and will
    share this website with my Facebook group. Talk soon!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: