Pengungsi Bisa Gila

RADAR SIDOARJO      Kamis, 07 Juni 2007
SIDOARJO – Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Surabaya dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) menyiapkan data tentang kondisi kejiwaaan pengungsi Porong. Data itu didapatkan setelah tiga hari para psikolog itu turun ke pengungsian Pasar Porong Baru.

Nalini M. Agung, salah seorang psikolog yang aktif mendata, mengatakan, kondisi kejiwaan pengungsi korban lumpur panas sudah mencapai tahap medium kronis. “Belum terlalu parah. Tapi, jika dibiarkan bisa menuju pada kegilaan,” jelasnya.

Sebagian besar pengungsi, kata dia, tidak sadar apa yang sedang menimpa mereka. “Para pengungsi menganggapnya biasa saja,” ungkapnya. Namun, kondisi itulah yang justru berbahaya. Sebab, kecil kemungkinan muncul inisiatif dari mereka untuk melakukan upaya penanganan atau penyembuhan. “Orang sekitar pun tak tahu jika mereka bermasalah,” tegas Nalini.

Salah seorang pengungsi yang sempat diwawancarai Nalini adalah Iswahyuningsih. Perempuan 37 tahun itu mengeluh sulit melakukan hubungan badan dengan suaminya. “Selain itu, anak saya juga jadi sangat nakal sejak di pengungsian,” ungkapnya. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: