BATU BATA LUMPUR DI KEDUNGBENDO SIAP PAKAI

DARI MEDIA CENTER SIDOARJO (2006-10-19 16:15:15)

Tumpukan batu bata di lapangan Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo yang bahannya terbuat dari lumpur Lapindo Brantas Inc (LBI), Rabu (18/10) pukul 15.30 kemarin dibakar setelah itu siap dipakai. Pembakaran batu bata itu dilakukan oleh petugas Kodim 0816 Sidoarjo bersama dengan masyarakat Desa Kedongbendo.
– Tino Rahmat (42), warga RT 1 RW 1 Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin di lokasi pembakaran, Kamis (19/10) mengatakan, sebelum batu bata itu dibakar, terlebih dahulu seorang perempuan asal Bali melakukan prosesi sesaji agar luapan lumpur LBI bisa berhenti dengan seizin Tuhan Yang Maha Esa.
Pembakaran batu bata itu mengalami beberapa kali penundaan. Sebelumnya pada awal puasa pembakaran batu bata akan dilakukan oleh Wakil Gubernur Jatim, H Soenarjo. Namun karena berhalangan, rencana berikutnya pada pertengahan puasa akan dilakukan oleh petinggi Kodam V Brawijaya. Namun itu pun tertunda. Kata Tino, kualitas batu bata dari lumpur LBI tidak jauh beda dari kualitas batu bata dari tanah pada umumnya. Dalam uji coba pembuatan bata bata, komposisinya yaitu lumpur dan pasir masing-masing 50%, atau lumpur 90% dicampur sekam 10%, tanah dicampur lumpur masing-masing 50% dan khusus lumpur saja ternyata hasilnya cukup baik.
Pembuatan batu bata ini dilakukan aparat dari Kodim 0816 Sidoarjo bekerjasama dengan Tim dari ITS Surabaya. Dan pelaksanaanya tidak hanya dilakukan di Sodoarjo tetapi berbagai tempat juga telah melakukan uji coba. Di Pasuruan lumpur dipakai untuk bahan genteng, di Mojokerto untuk batu bata, serta berbagai universitas melakukan uji coba untuk frakmentasi.
Lumpur Porong Sidoarjo bisa dimanfaatkan untuk delapan item bahan bangunan, yakni untuk keramik, campuran beton (geo polymer), pasir multiguna, paving blok, batu bata, beton, genteng, dan paving.
Penelitian pembuatan bahan bangunan berbahan lumpur Porong ini dipresentasikan dalam seminar nasional “Pemanfaatan Lumpur Porong Sidoarjo sebagai Bahan Bangunan” awal Oktober lalu di ITS.
Bahan bangunan yang terbuat dari lumpur ini aman untuk kesehatan, meski lumpur mengandung fenol, seng, tembaga, dan krom. Karena tidak langsung kontak fisik dengan manusia, bisa dikatakan bahan bangunan ini aman.
Tapi untuk produsen atau pembuat bahan bangunan berbahan lumpur, pengamanannya harus menggunakan masker, sarung tangan, dan sepatu boot karena langsung bersentuhan dengan lumpur.(jal)

Iklan

One Response to BATU BATA LUMPUR DI KEDUNGBENDO SIAP PAKAI

  1. rahmadiah vica berkata:

    Saya akan datang kelokasi produksi untuk melihat dan belajar membuat bata dari lumpur lapindo, bisakah saya meminta kontak person atau alamat lengkap lokasi pembuatan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: