Belum Ada Anggaran Khusus Korban Lumpur

Senin, 25 Des 2006 RADAR SIDOARJO

SIDOARJO – Nasib puluhan ribu korban luapan lumpur, rupanya, perlu mendapat perhatian lebih serius dari Pemkab Sidoarjo. Dalam kebijakan umum APBD (KUA) 2007 yang selesai dibahas pada 23 Desember lalu, belum ada anggaran spesifik untuk korban lumpur.

Ketua DPRD Sidoarjo Arly Fauzi menjelaskan, KUA memang baru akan menjadi acuan draf Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Sidoarjo 2007. Diproyeksikan, kekuatan APBD 2007 yang akan dibahas itu diperkirakan sekitar Rp 1,2 triliun. Di antara jumlah itu memang belum ada alokasi anggaran yang menyebut item khusus untuk korban lumpur. “Sampai kini memang belum ada yang spesifik menyebut anggaran untuk korban lumpur,” kata Arly.

Benarkah APBD Sidoarjo tak memedulikan korban lumpur? Anggota dewan dari PKB asal daerah pemilihan (dapil) Sidoarjo-Candi itu menampik. Menurut dia, KUA memang belum berupa draf RAPBD, namun baru kerangka dasarnya. Masih ada pembahasan lanjutan antara tim anggaran eksekutif pemkab dan panitia anggaran legislatif DPRD Sidoarjo. “Kecenderungan perubahan alokasi anggaran masih sangat besar,” katanya.

Arly menyatakan, nasib rakyat Sidoarjo yang menjadi korban lumpur Lapindo tetap mendapatkan perhatian utama. DPRD sudah memproyeksikan prioritas-prioritas dalam berbagai sektor untuk masyarakat korban lumpur tersebut. Misalnya, program penciptaan lapangan kerja, pendidikan, maupun kesehatan. “Dari anggaran di tiap-tiap sektor, kami ingin ada bagian untuk korban luapan lumpur,” tambahnya.

Menurut anggota Panitia Anggaran DPRD Sidoarjo Emir Firdaus Munir, ada harapan dari pemerintah pusat yang akan mengucurkan anggaran Rp 100 miliar untuk penanganan korban lumpur. Anggaran itu akan masuk APBD 2007. Namun, hingga kemarin kabar kepastian dana tersebut belum diperoleh. APBD 2007 diperkirakan defisit sekitar Rp 50 miliar karena pendapatan Sidoarjo diperkirakan sekitar Rp 1,157 triliun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Bappekab) Sidoarjo Vino Rudi Muntiawan menyebutkan, memang belum ada anggaran yang spesifik untuk korban lumpur. Ini terkait belum adanya kepastian alokasi anggaran dari APBN. Kepastian itu baru diketahui kemudian. “Kalau sudah masuk, kami baru berani menganggarkan,” kata Vino. (roz)

Iklan

2 Responses to Belum Ada Anggaran Khusus Korban Lumpur

  1. Generally I don’t read article on blogs, however I would like to say that this write-up very compelled me
    to check out and do it! Your writing style has been surprised me.
    Thanks, quite great article.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: