Korban Lumpur Surati Presiden SBY

Sabtu, 10 Feb 2007
RADAR SIDOARJO – Korban lumpur dari Desa Renokenongo tidak mau terus terombangambing. Kades Renokenongo Machmudatul Faqiah menyatakan segera mengirim surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebab, hingga kini warganya belum mendapat kejelasan ganti rugi.

Menurut Machmudah, sejak ledakan pipa gas Pertamina 22 November 2006, wilayah Desa Renokenongo yang terendam lumpur terus meluas. Keresahan warga hampir sama dengan tenggelamnya Perum TAS 1. “Mereka juga meminta kepastian nasib,” jelasnya.

Selain itu, kata Machmudah, hampir semua bangunan rumah warga retak-retak. Tapi, hingga kini yang tercatat akan mendapatkan ganti rugi masih sebagian kecil.

Sebenarnya, seminggu lalu dia mengirimkan surat ke DPRD dan Pemkab Sidoarjo. Intinya, warga meminta agar Timnas Penanggulangan Semburan Lumpur dan PT Lapindo Brantas segera merespons kondisi terakhir Desa Renokenongo. “Tapi, belum ada tanggapan yang memuaskan,” ujarnya.

Sementara itu, pintu Tol Porong makin ruwet akibat banjir. Ketinggian genangan air sudah mencapai lutut orang dewasa. Kemacetan semakin parah karena kendaraan saling menghalangi.

Beberapa kali dijumpai kendaraan roda dua mogok di tengah genangan. Hingga kemarin sore, belum terlihat penanganan untuk setidaknya mengurangi genangan air di sana. “Selama ini penanganan kami sifatnya hanya membantu dan sementara,” jelas Kasubdin Pembangunan Dinas PU Pengairan Sidoarjo Soejitno.

Selasa lalu (6/2), PU Pengairan Sidoarjo sempat mengerahkan dua pompa penyedot air berkapasitas 100 liter per detik. Hal itu dilakukan karena tidak juga ada penanganan dari Timnas Penanggulanan Semburan Lumpur. Juru Bicara Timnas Rudi Novrianto mengatakan segera menanganinya. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: