Setahun Lumpur, Tur Tiga Kota

JawaPOS
SIDOARJO – Memperingati setahun bencana lumpur Lapindo, puluhan seniman dan korban lumpur berencana mengadakan pameran di tiga kota. Mereka ingin menunjukkan bahwa Sidoarjo, terutama kegiatan berkeseniannya, tak akan pernah mati.

Road show karya seni korban lumpur dan seniman Sidoarjo itu akan dimulai pada 29 Mei 2007, tepat satu tahun bencana lumpur Lapindo terjadi. Kota-kota yang akan disinggahi, antara lain, Surabaya, Jakarta, dan Bali. Kota-kota tersebut sengaja dipilih karena berharap dapat lebih efektif mengubah image Sidoarjo selama ini.

Menurut penanggung jawab kegiatan pameran tiga kota Muhamad Murdono, kegiatan tersebut sengaja diselenggarakan untuk menghilangkan kesan menyeramkan dari Sidoarjo selama ini. “Hal ini adalah bentuk kecintaan kami kepada Sidoarjo,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut dia, berita-berita menyeramkan dan menyedihkan sejak adanya bencana lumpur Lapindo membuat Sidoarjo terpuruk. Kehidupan sosial dan perekonomian lumpuh. Masyarakat umum pun lebih mengenal kabupaten yang memiliki julukan Kota Udang itu sebagai kota bencana.

“Melalui seni, semoga keadaan jadi lebih baik,” katanya. Karena itu, menurut pria 49 tahun yang akrab dengan panggilan Nonot tersebut, pilihan tema pameran mendatang adalah Damailah Negeriku, Bangkitlah Semangatku.

Pameran tersebut akan diikuti sekitar 20 seniman. Sebagian di antaranya termasuk korban lumpur. Di antaranya, Elis Susanti, warga Perum Tanggulangin Anggun Sejahtera (TAS); Hesti, warga Kelurahan Siring; dan lukisan karya almarhum Lukman Aziz, pelukis surealis yang juga berasal dari Kelurahan Siring.

Lukisan-lukisan yang akan dipamerkan didominasi tema kedamaian. Salah satunya, lukisan Elis Susanti yang berjudul Memoriku. Meski tak jauh dari peristiwa bencana lumpur, dia berusaha memotret kondisi sekitar bencana lumpur pada masa- masa awal semburan.

“Ini adalah ungkapan kerinduan saya dengan situasi prabencana ini,” jelasnya. Lukisan dekoratif karyanya itu akan diselesaikan dalam beberapa hari ini. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: