Asap Semburan Lumpur Lapindo Nyaris Menelan Korban

Rabu, 02 Mei 2007  19:56:00 REPUBLIKA ONLINE
Sidoarjo-RoL– Asap semburan lumpur Lapindo Brantas Inc. Sidoarjo, Rabu nyaris menelan korban Afandi Kus Arifin (25) operator crane (mesin berat untuk memasukkan bola beton), yang kebanyakan menghirup H2S yang keluar bersama lumpur.

Informasi yang dihimpun ANTARA menyebutkan, kadar gas berbahaya H2S di pusat semburan lumpur di Desa Renokenongo, Porong, Sidoarjo kini memang meningkat hingga melebihi 15 ppm, sehingga Afandi Kus Arifin pingsan, setelah menghirup gas mematikan itu.

Kus menghirup gas ketika sedang mengoperasikan crane di dekat pusat semburan. Setelah lumpur meluap dari atas tanggul yang disertai asap tebal, tiba-tiba asab tebal itu mengarah ke crane yang dioperotorinya itu. Saat itu para pekerja, termasuk Kus, sibuk untuk mengalirkan lumpur ke arah selatan menuju saluran pelimpah.

“Saat itu Kus bertahan di dalam crane sambil meninggikan tanggul,” kata Suponco, rekan pekerja.

Namun, asap dan gas H2S yang sangat tebal membuat lelaki asal Jombang ini tidak tahan dan dengan langkah gontai, Kus berusaha keluar dari crane menuju posko keamanan yang berjarak 300 meter, kemudian langsung pingsan dan dilarikan ke RSUD Sidoarjo.

Sementara itu, Dokter RSUD Sidoarjo, dr Yeni Sukamto berusaha keras untuk menyembuhkan Afandi Kus Arifin, sedangkan temannya, selamat karena posisinya berada di timur pusat semburan lumpur.

“Korban masuk ke rumah sakit sekitar pukul 12.00 dan siuman 30 menit kemudian,” kata dr Yeni Sukamto, yang menangani pasien pingsan itu.

Dr Yeni Sukamto, mengaku mendapat laporan dari pengawas crane bahwa korban pingsan akibat menghirup H2S yang terlihat terdorong angin ke barat. Akibatnya, korban yang mengendalikan crane di barat terkena H2S dan tidak sempat menghindarkan diri.

Namun, Yeni enggan berkomentar banyak, ia hanya menambahkan bahwa pasiennya sudah tidak apa-apa, bahkan sudah pulang.  antara


abi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: