Program Lapangan BPLS Tidak Jalan

RADAR SIDOARJO      Senin, 07 Mei 2007
KINERJA Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) mengalirkan lumpur ke spill way belum optimal. Program jangka panjang membut kanal ke laut pun belum jelas. Padahal, kondisi luapan lumpur kian mengkhawatirkan.

Di lapangan, tanggul jebol terus-menerus. Tanggul di pusat semburan yang jebol Sabtu (5/5) belum selesai diperbaiki. Tanggul itu tetap jebol selebar 2 meter dengan lubang sekitar 10 meter. Lumpur panas terlihat mengalir deras menuju arah utara dan memenuhi kolam penampungan Desa Renokenongo dan Desa Kedungbendo.

Selain itu, ketinggian lumpur di hampir semua titik tanggul sekitar pusat semburan masih sangat mengkhawatirkan. Hampir semuanya sangat dekat dengan bibir tanggul. Jaraknya tinggal beberapa sentimeter.

Satu-satunya solusi jangka pendek mengatasi hal itu, hingga saat ini, hanyalah mengalirkan lumpur ke menuju spillway. Namun, upaya itu belum mulus. Kepala BPLS Sunarso mengaku kesulitan mengalirkan lumpur ke Sungai Porong karena karakter lumpur yang sangat sulit ditebak. “Yang kami hadapi ini alam, hitung-hitungannya juga tak mudah,” katanya.

Arah aliran lumpur makin berbahaya karena tanggul jebol di ring 2 atau 3 bisa terjadi kapan. “Sekali lagi ini alam, sulit diprediksi,” tegas Sunarso.

Deputi Bidang Operasional BPLS Sofyan Hadi menjelaskan, gundukan lumpur di sekitar mulut kanal sebelah selatan pusat semburan juga meninggi. Gundukan itu menghambat aliran lumpur ke spillway. “Hanya bisa dikurangi dengan terus dikeruk,” katanya.

Hingga saat ini, energi BPLS masih banyak tersita untuk perbaikan tanggul dan upaya mendorong lumpur ke selatan. “Kami masih konsentrasi ke sana dulu. Untuk yang ke laut masih dalam tahap desain,” jelasnya. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: