Hisjam: Silakan Minta ke Lapindo

RADAR SIDOARJO      Selasa, 08 Mei 2007
Soal Tuntutan Makan Diganti Uang
PENGUNGSI korban lumpur asal Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, kemarin- nglurug ke Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkesos) menuntut uang jatah makan diganti uang. Dinkesos mempersilakan mereka mengajukan tuntutan tersebut lewat surat kepada PT Lapindo Brantas.

Sebanyak 12 wakil warga datang ke Dinkesos pukul 09.30 kemarin. Mereka mengaku sebagai wakil pengungsi yang dapat jatah nasi basi pada Sabtu (5/5) lalu. “Kami menuntut jatah konsumsi berupa uang saja. Biar kami sendiri yang mengelola,” kata Sunarto, ketua pengurus Pagar Rekontrak (Paguyuban Rakyat Renokenongo Menolak Kontrak). Mereka diterima Kadinkesos Hisjam Rosyidi. Setelah pertemuan sekitar satu jam, Sunarto menyatakan diminta menyampaikan tuntutan itu ke PT Lapindo Brantas secara tertulis. Selain itu, sebagian pengungsi di Pasar Porong Baru dianggap bukan lagi tanggung jawab Dinkesos. Sebab, seharusnya mereka meninggalkan PPB sejak sebulan lalu karena sudah diberi uang kontrak oleh Lapindo.

Sunarto menyebut, hingga saat ini, masih ada 3.352 jiwa (857 kepala keluarga/KK) warga Renokenongo yang bertahan di PPB. Mereka menolak uang kontrak dengan alasan tidak ingin telantar. “Mereka cuma diberi uang jaminan hidup enam bulan. Saya lihat sendiri, ada yang terpaksa mengemis karena jaminan hidupnya sudah berakhir,” ungkap Sunarto. Secara terpisah, Hisjam Rosyidi menyatakan, dirinya tidak keberatan menghapus fungsi dapur umum yang selama ini melayani jatah makan pengungsi. Tidak masalah bila uang makan Rp 15 ribu per hari setiap jiwa itu diminta dalam bentuk uang. “Tapi masalahnya, yang punya uang itu Lapindo,” katanya.

Karena itu, dia menyarankan Pagar Rekontrak mengajukan tuntutan ke Lapindo melalui surat. “Saya akan meneruskan surat mereka kepada Lapindo lewat BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo),” tegasnya. (sat)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: