Porong Tergenang, Motor Ngadat

RADAR SIDOARJO      Senin, 14 Mei 2007
HINGGA kemarin, air masih menggenangi Jalan Raya Porong jalur Surabaya-Malang. Belum jelas penyebab adanya aliran air tersebut. Tapi, kemungkinannya ada dua, yaitu rembesan dari tanggul atau pipa PDAM Surabaya.

Selain itu, pompa yang biasanya mengalirkan air dari tanggul tidak beroperasi. Menurut Rustam, anggota polisi lantas yang bertugas di Raya Porong, pompa mati karena petugas yang biasanya mengoperasikan pompa tidak berada di tempat. Di lokasi juga tidak tampak petugas BPLS yang melakukan upaya-upaya penanggulangan.

Akibat aliran air tersebut, Raya Porong tergenang hingga di bawah lutut. Beberapa pengendara sepeda motor terpaksa menuntun kendaraannya karena mogok. Bahkan, ada yang nekat mengambil lajur kanan dengan menyeberangi pembatas jalan. Mereka khawatir motor mogok di tengah jalan.

Pengendara yang motornya terjebak air terpaksa membawa kendaraannya ke tepi pembatas jalan. Akibatnya, antrean sepeda motor pun terjadi.

Ruas jalan dari arah Malang-Surabaya tidak tergenang air. Meski begitu, jika luberan air dari ruas Surabaya-Malang tidak segera ditangani, air mungkin meluber ke ruas jalan Malang-Surabaya.

Karena luberan air masih terjadi, Raya Porong dari arah Surabaya ditutup. Angkutan umum dan kendaraan umum terpaksa melalui jalur alternatif Tanggulangin dan Ketapang. Hari ini Raya Porong diperkirakan masih tergenang air. Sebab, belum ada tanda-tanda air akan surut.

ABI Peduli Korban Lumpur Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Arta Bodhi Iswara (ABI) Surabaya, melakukan bakti sosial kepada korban lumpur, kemarin. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Balai Desa Ketapang.

Bakti sosial STIKES ABI tersebut memfokuskan pada pelayanan kesehatan. Rangkaian kegiatannya antara lain penyuluhan, pemeriksaaan fisik, dan pemberian makanan tambahan. Sejumlah 235 warga Desa Ketapang mengikuti rangkaian bakti sosial tersebut.

Menurut Habibur Rahman, ketua senat mahasiswa ABI, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap penderitaan korban lumpur. Selama ini menurutnya, penanganan terhadap kesehatan korban lumpur kurang serius.

Bersamaan dengan kegiatan senat mahasiswa ABI tersebut, PKS juga merayakan milad yang ke-9. Perayaan milad dilakukan dengan bakti sosial kepada korban lumpur. Bakti sosial terdiri atas pelayanan kesehatan, santunan pendidikan, dan bingkisan sembako. (nun)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: