Spill Way Lumpur Sering Meluap, BPLS akan Bangun Lagi

Senin, 14 Mei 2007 Spill Way Lumpur Sering Meluap, BPLS akan Bangun Lagi
Sidoarjo-RoL– Saluran pembuangan lumpur (Spill way) yang ada di Desa Pejarakan Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Senin meluap kembali, namun tidak menimbulkan dampak pada permukiman warga.

Informasi yang dihimpun ANTARA menyebutkan, meluapnya saluran pelimpah itu, karena pasokan lumpur dari titik semburan tidak seimbang dengan jumlah kemampuan pompa penyedot lumpur.

Selain itu, karena terlalu panasnya lumpur yang mengalir ke spill way, sehingga mengakibatkan pompa berhenti secara otomatis.

Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Zulkarnain saat dikonfirmasi mengatakan, meluapnya kolam penampungan di saluran pelimpah karena kapasitas pasokan lumpur melebihi kemampuan dari pompa penyedot, selain lumpur yang mengalir terlalu panas.

Ia mengatakan, meski BPLS sudah berupaya mencampur dengan air, namun temperatur lumpur masih tetap tinggi, sehingga pompa penyedot akan mati secara otomatis.

“Karena pompa mati, lumpur terus meninggi. Upaya yang dilakukan sementara ini adalah dengan melakukan sistem buka tutup di kolam penampungan lumpur Desa Pejarakan itu,” katanya.

Zulkarnain akan berkoordinasi dengan deputi bidang operasional BPLS untuk mengantisipasi meluapnya kolam lumpur yang ada di “spill way” tersebut.

“Kami akan membuat saluran pembuangan lumpur di sekitar spill way itu. Saluran ini nantinya akan mengantisipasi apabila spill way meluap lagi. Pengalaman sebelumnya sudah dua kali spill way meluap namun belum ada solusi yang tepat. Kami akan membangun saluran itu dengan sistem buka tutup, tanpa menggunakan pompa,” tambahnya. antara

abi ()

Iklan

2 Responses to Spill Way Lumpur Sering Meluap, BPLS akan Bangun Lagi

  1. karindo berkata:

    Mas tolong infor alamat BPLS dimana?

  2. ompapang berkata:

    Pak Bambang Bahriro, alamat Kementrian Pekerjaan Umum(Bapak Djoko Kirmanto) : Jl.Patimura 20 Kebayoran Baru Jakarta Selatan (12110) . Telpon (kalau belum ganti) (021) 7262805,7203962 ,Sekretaris : pesawat 200, Fac (021) 7260769. Kalau sudah ganti silahkan tanya via (108) Penerangan TELKOM Jakarta. Semoga sukses !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: