Bubble Baru Nyembur Lagi

RADAR SIDOARJO      Kamis, 17 Mei 2007
SIDOARJO – Dalam tenggang waktu tak terlalu lama, dua bubble (semburan) baru kembali muncul di Desa Mindi, Kecamatan Porong. Semburan air bercampur gas yang keluar mulai dini hari kemarin itu membuat warga sekitar cemas.

Kedua semburan itu muncul di rumah Fatkhur Rahman, warga RT 13, RW 2, Desa Mindi. Semburan pertama keluar di teras rumah sekitar pukul 01.00. Semburan kedua menyusul dua jam kemudian, sekitar pukul 03. 00, di halaman rumah.

Menurut Fatkhur, saat pertama keluar, suara ledakan terdengar cukup keras. “Saat itu, semburannya cukup tinggi,” ungkapnya. Ketinggiannya mencapai 1 meter lebih. Namun, selang beberapa jam kemudian, semburan berangsur-angsur mengecil hingga tinggal 20-30 sentimeter.

Ledakan kedua muncul hampir bersamaan dengan keluarnya bubble kedua sekitar pukul 03.00. “Kalau seperti ini, siapa yang tak khawatir?,” ujarnya.

Tak hanya Fatkhur, tetangganya, Masduki Ranu Wijaya, merasakan hal serupa. Dia pun berencana mengungsi lagi. “Saya baru tiga hari ini balik ke rumah,” katanya. Sejak bencana lumpur Lapindo terjadi, dia dan keluarga mengungsi ke rumah kerabatnya di Japanan.

“Terus terang, kami tak tenang lagi tinggal di sini,” ujarnya. Sebab, lanjut dia, semburan itu terbukti mengeluarkan gas yang mudah terbakar. Sebelumnya, beberapa warga mengetes kandungan gas yang keluar dengan menyalakan korek api di sekitar semburan. “Api dari korek tiba-tiba membesar,” katanya.

Menurut salah seorang petugas Fergaco Dodik Hernawan, semburan air bercampur gas yang baru ditemukan itu memang mengandung beberapa gas yang mudah terbakar. Gas-gas tersebut termasuk Low Explosive Limit (LEL) dengan daya ledak rendah. “Belum berbahaya, tapi sebaiknya barang-barang yang mudah terbakar dijauhkan dari lokasi,” jelasnya.

Selain itu, seperti di beberapa tempat lainnya, H2S (hidrogen sulfida) juga terdapat di semburan baru tersebut.(dyn)

Iklan

One Response to Bubble Baru Nyembur Lagi

  1. agorsiloku berkata:

    Ya Allah, kelalaian dan ketidakpedulian telah membuat rahmatMu menjadi bencana !?.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: