Perkuat Kanal ke Spillway

RADAR SIDOARJO      Rabu, 16 Mei 2007
BADAN Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) terus memperkuat kanal lumpur dari pusat semburan ke arah saluran pembuang (spillway). Ini masih merupakan satu-satunya pilihan sebelum menerapkan metode double dam atau membuat kanal lumpur ke laut.

Humas BPLS Ahmad Zulkarnain menyatakan, sejauh ini pembuangan lumpur hanya mengandalkan spillway melalui pompa. Lumpur akan dialirkan dengan ekskavator long arm secara manual dari pusat semburan. Lumpur melewati kanal lumpur yang terus diperkuat. Namun, karena sulitnya medan, penguatan kanal itu hanya bisa dilakukan di sisi barat.

Hingga saat ini, kata Zulkarnain, BPLS belum menerapkan cara baru di lapangan. Gagasan pembuatan kanal lumpur langsung ke laut juga dinilai sangat berisiko. Kanal yang diperkirakan sepanjang 17 kilometer itu bakal membutuhkan biaya besar dan terhalang masalah sosial, yaitu pembebasan lahan.

Di areal pusat semburan, aktivitas penguatan dan peninggian tanggul terus dilakukan. Mobilitas truk pengangkut urukan juga masih intens dilakukan. Menurut Zulkarnain, pengurukan itu sangat dibutuhkan untuk memperkeras tanggul akses menuju pusat semburan agar truk bisa masuk. “Kami tidak ingin ketika overtopping, pengurukan macet,” ujarnya. (roz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: