TANGGUL PENAHAN LUMPUR DI RENOKENONGO BOCOR

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Tanggul penahan lumpur panas di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Rabu (16/5) dini hari tadi bocor, sehingga lumpur meluber ke permukiman warga. Pada saat bersamaan terjadi semburan baru di teras rumah salah satu warga Porong. Hingga siang tadi pihak Badan Penanggulangan Lumpur Sidoharjo (BPLS) masih berusaha menutup bocoran agar lumpur tidak meluber lebih jauh lagi.

Tanggul yang bocor ini mencapai lebar lima meter. Namun hingga siang tinggal menyisakan satu meter karena sebagian tanggul sudah ditutup. Meski begitu, luberan lumpur masih deras bergerak ke arah permukiman warga di Desa Renokenongo. Permukiman di desa ini sudah dalam keadaan kosong karena warganya sudah mengungsi ke Pasar Baru Porong. Menurut petugas penguatan tanggul, Hermawan, bocornya tanggul ini akibat semburan lumpur yang masih menguat.

Pada waktu hampir bersamaan, semburan baru muncul di teras rumah Haji Masduki, warga Gang Mindi III Nomor 10, Desa Mindi, Kecamatan Porong. Tekanan semburan air bercampur lumpur dan gas hidrogen sulfida menyebabkan lantai teras rumah retak. Adanya kandungan gas hidrogen sulfida juga menyebabkan di dekat semburan, akan menyala saat disulut korek api.

Semula Masduki mengira keluarnya air dari lantai akibat ada kerusakan pipa PDAM. Namun, setelah petugas PDAM didatangkan, ternyata tidak ditemukan adanya kerusakan pipa. Siang tadi, petugas kembali mendatangi lokasi di semburan baru dan melarang warga agar tidak menyalakan api.(DEN)

Iklan

One Response to TANGGUL PENAHAN LUMPUR DI RENOKENONGO BOCOR

  1. Janatan berkata:

    Peristiwa semburan baru yang muncul dirumah warga dan kejadian2 serupa sebelumnya merupakan pertanda bahwa semburan lumpur terlalu sederhana kalau hanya akan dimatikan dipermukaan sekitar pusat semburan. bahkan belum disumbatpun telah terbukti mencari jalan keluar baru dalam radius tertentu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: