Bubble Mindi Dianggap Aman

RADAR SIDOARJO      Jumat, 18 Mei 2007
SIDOARJO – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) belum mengambil tindakan apa pun terhadap gelembung air bercampur gas (bubble) di Kelurahan Mindi, Kecamatan Porong. Bubble itu dianggap tidak berbahaya.

Hingga hari kedua kemarin, belum ada penanganan terhadap bubble tersebut. Bubble di rumah Fatkhur Rahman, warga RT 13 RW 2, Mindi, itu masih menyemburkan air bercampur gas cukup deras.

Pemantau gas dari PT Fergaco mendeteksi gas yang keluar bersama air itu metan, tapi tergolong berkadar rendah. Bambang Suryadi, petugas PT Fergaco, mengatakan bahwa kadar gas di bubble tersebut berubah-ubah. Pada pagi, kadar gas yang keluar bersama air sekitar 6 persen. Namun, terjadi peningkatan tajam kadar gas itu hingga sekitar 20 persen pada siang. “Tapi, semua masih di bawah ambang bahaya,” jelasnya

Meski demikian, Bambang meminta pemilik rumah maupun masyarakat sekitar tidak menyalakan api sekitar lokasi. Itulah yang meresahkan warga. Sebab, bubble baru tersebut berada di permukiman yang cukup padat. Warga takut jika terjadi apa-apa saat mereka memasak atau melakukan kegiatan lain. “Saya berharap, ini segera ditangani. Jangan dibiarkan seperti ini,” kata Fatkhur Rahman.

Menanggapi itu, Humas BPLS Ahmad Zulkarnain mengatakan bisa memahami keresahan masyarakat. Dia mengatakan, hingga kemarin BPLS memantau bubble tersebut. “Langkah selanjutnya akan kami bicarakan, termasuk dengan Lapindo,” sebutnya.(dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: