Lambat, Setahun Baru Bentuk Pansus Lumpur

RADAR SIDOARJO      Jumat, 18 Mei 2007
SIDOARJO – Menjelang setahun terjadinya musibah semburan lumpur Lapindo, 29 Mei, DPRD Sidoarjo baru tergerak untuk membentuk pansus (panitia khusus) lumpur. Itu pun baru sekadar rencana.

Menurut Ketua DPRD Sidoarjo Arly Fauzi, pansus itu baru ditetapkan minggu depan. “Pembentukannya insya Allah kami laksanakan pada rapat paripurna dewan 22 Mei nanti,” kata Arly.

Sesuai kewenangan anggota DPRD, kata Arly, tugas pansus lumpur itu adalah melakukan pengawasan. Sasaran utama pengawasan adalah kesepakatan-kesepakatan yang sudah ditandatangani pihak Lapindo dan pihak korban.

Di antaranya, tentang ganti rugi, pembayaran uang muka 20 persen, rencana penambahan notaris yang ditetapkan pihak Lapindo, verifikasi, serta keterbukaan atas berkas-berkas mengenai aset milik warga korban lumpur Lapindo yang sudah masuk tim verifikasi. “Pansus mempunyai kewenangan mengawasi, bagaimana itu semua terealisasi dengan lancar,” tandas legislator PKB dari Kecamatan Candi itu.

Arly menambahkan, selain mengawasi pelaksanaan pembayaran ganti rugi, pansus akan mengawasi penanganan infrastruktur yang rusak akibat lumpur Lapindo. “Pansus punya hak mengklarifikasi kepada pemerintah pusat, yang menyatakan tanggung jawab penanganan infrastruktur. (Menanyakan) perencanaannya sejauh mana,” tuturnya.

Yang jadi masalah, DPRD Sidoarjo membatasi masa kerja pansus lumpur tersebut hanya sampai 31 Desember 2007. Padahal, proses pembayaran ganti rugi untuk korban lumpur diprediksi baru tuntas pada akhir 2008. Ketuntasan penanggulangan semburan lumpur itu sendiri belum dapat diprediksi.

Mengenai hal itu, Arly berdalih bahwa pansus bukanlah alat kelengkapan tetap DPRD. Itu hanya alat kelengkapan sementara. Karena hanya alat kelengkapan sementara, masa kerjanya dibatasi sampai akhir tahun anggaran saja.

“Setelah 31 Desember 2007 akan kami evaluasi lagi, apakah tugasnya diperpanjang atau dibentuk baru, atau ditiadakan. Ya, mudah-mudahan paling lambat bersamaan dengan masa kerjanya pansus, (semburan) lumpur sudah benar-benar berhenti,” kata Arly.(sat)

Iklan

One Response to Lambat, Setahun Baru Bentuk Pansus Lumpur

  1. ompapang berkata:

    lebih baik terlambat dari pada tdak sama sekali………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: