Indonesia considers new method to halt mud volcano

16 May 2007 11:59:17 GMT Source: Reuters – Indonesia mudflow
By Heri Retnowati SURABAYA, Indonesia, May 16 (Reuters) –
Indonesia is considering a new method involving the construction of dams to brake a torrent of mud that has been gushing from a drilling site on Java island for a year. Scientists have already dropped hundreds of concrete balls into the mouth of the “mud volcano”, but have so far failed to plug the mudflow that has submerged entire villages and displaced 15,000 people in the Sidoarjo area. Under the new scheme proposed by Japanese scientists, double-walled cofferdams will be built to fence in the mud so it serves as a counterweight to the mudflow, said Sunarso, chairman of a government team tasked with stopping the mudflow.

Details of the method presented to President Susilo Bambang Yudhoyono last week are still sketchy. “The application of this method is still being studied by a team, including related ministers. We still don’t know when it will be carried out,” Sunarso told Reuters. The new scheme to plug the mudflow, which began following an oil-drilling accident last May, is expected to cost 600 billion rupiah ($68.2 million).

The government requires PT Lapindo Brantas, the operator of the well from where the mud has been flowing, to pay for stopping and handling the mudflow as well as compensation for directly affected residents. The government has agreed to cover costs related to the disaster’s social impact on people living outside swamped areas. Lapindo had been told by the government to pay 3.8 trillion rupiah to victims and for efforts to halt the flow, but officials say the cost could double that. Lapindo and PT Energi Mega Persada Tbk <ENRG.JK>, which indirectly controls Lapindo, dispute the idea the disaster was caused by the drilling and also whether Lapindo alone should shoulder the cost.

Energi is owned by the Bakrie Group, controlled by the family of Indonesia’s chief social welfare minister, Aburizal Bakrie. Meanwhile one of the scientists behind the concrete ball experiment, Satria Bijaksana, said more concrete balls were needed for better results. “We can’t say we have failed. We asked for more concrete balls but so far there has been no response from the new team handling the mudflow,” he told Reuters.

($1=8,794 rupiah)

AlertNet news is provided by

Iklan

10 Responses to Indonesia considers new method to halt mud volcano

  1. Ivindra Pane berkata:

    Bpk2 dan Sdr2 yg baik,

    Kalo boleh saya ingin ikut komentar. Ide dari engineer2 Jepang kayaknya nggak baru, saya yakin ini solusi logikal yg bisa di adopsi dari banyak contoh yg ada didunia. Bisa juga karena mereka sudah pernah ngalamin di negaranya. Satu lagi, method ini bisa jalan kalo pusat semburan lumpur sangat lokal. Kalo nggak bikin reservior segede apapun lumpur bakal bisa keluar.

    Apa nggak lebih mudah ‘n murah ngalirin lumpur daripada nyetop. Lumpur kan natural dan bkn limbah jd boleh kembali ke nature.

    Ivindra Pane

  2. usil berkata:

    Pak Dedi! lebih bagus lagi kalo pipanya dari platina …ya pak?
    Lumayan, bisa hemat ongkos buat Pondnya pak Syahraz atau
    Kincirnya pak Yanatan….he..he..

    Katanya umpama dam nya si Jepun ini tidak sukses, memang gak
    perlu bayar. Tapi kalo gara2 itu timbul semburan ditengah kota
    Surabaya? siapa yang tanggung ya?
    Kita sih doain agar bisa sukses dan cepat selesai.

  3. wahyu berkata:

    However, we can’t assure the method which had been proposed by University who claim – the best for oil n gas engineer. So be rational, who had already caused the problem, will got the result. We need money and method to save and to avoid becoming worst condition eventhough from abroad. Dont be naive.

  4. Dedi Ganedi berkata:

    Kalau gagal Jepun tetap untung, dia berhasil menanamkan modalnya berupa pipa-pipa baja yang ditanam di gudang lumpur. Pada masa depan dapat diambil lagi. Kalau enggak diambil, ya miliknya orang madura. Tul gak, he,he,he.

  5. usil berkata:

    Ompapang itu…gimana to? Blognya pak Dhe Rovicky ini kan
    KIRI-KANAN ok, iyo to?
    Aku sih optimis kalo rekor postingan yang lalu (sekitar 200) akan
    pecah. Asalkan ada yang mau baek hati membocorkan etung2an
    detail tekniknya si Oku-“Mahal” itu diblog ini. Aku sudah perhatiin jika
    pembahasan disertai NGERUUUMUS….pasti rame! Apa lagi jika disertai
    dengan gaya permainan (catur&bola-sepak?) oleh kas’PA’rov dan ‘RI’naldo….
    wow! bukan cuma rekor MURI yang pecah……he..he..

  6. Rovicky berkata:

    heheheh om papang ini aneh2 aja
    trus produksi indonesia ini apa ya … kayaknya indonesia ini bangsa penikmat bukan pembuat produk 😛

  7. ompapang berkata:

    Pak Usil, jangan bilang”kanan-kanan”, pak Dhe Rovicky waktu di Yogya tinggal dekat kampung Musik-“kanan”, tapi bukan di Musik-kiri ,soalnya kampung Musik- kiri gak ada. Iya to Pak Dhe?
    Hampir semua kebutuhan kita adalah IMPORT pak Usil.Baik Materiil,moril maupun spirituil.Materiil jelas. Kebutuhan moril berupa alat-alat hiburan kita import, bahkan kebutuhan spirituilpun kita import berupa agama dari India, Cina,Timur tengah dan Eropa. Juga faham sosialisme dan demokrasi liberal kita import dari luar negeri.

  8. usil berkata:

    Ompapang! kalo ngomong komersil, kita gak bisa lawan si-hara”kanan”
    itu tentunya. Sudah uangnya banyak, bunganya 0% lagi. Mana tahan?

    Tapi kalo rahasia tekniknya bocor, apa lagi jika kelemahannya bisa
    diungkap oleh ompapang dkk di-blog ini. Itu baru namanya KEJUTAN
    Bisa buat pemerintah melek, jangan semua2 IMPORT melulu.

  9. ompapang berkata:

    Pak Usil, “KAMIKAZE” artinya dewa angin, jelas mereka muridnya eyang Bernoulli maha guru aliran angin dan air. Sebetulnya rahasia tekniknya sudah diumbar di Jakarta, konon mirip-mirip idenya orang Indonesia. Mereka bisa mendapat tempat dihati para pengambil keputusan karena mereka mau keluar uang lebih dahulu, kalau gagal tidak perlu dibayar. Hitungannya fifty-fifty, mereka biayai Rp300 M , kalau sukses dapat Rp600 M, kalau gagal Rp300 M hilang. “Takasi mura,mana ada orang Indonesia mau keluar uang dulu seperti Nipuwong !”kata mereka.
    Sedang kita, para komentator yang dipandu Pak Usil, paling hanya diskusi doAng, sampai “KAMIZOZOLEN” mempertahankan pendapat masing-masing. Ya ndak Pak Usil ?

  10. usil berkata:

    Ompapang, Pak Yanatan, Pak RIrawan, Pak Dedi, Pak Herman!
    Kalau si “kamikase” yang dapat kerjaan ini, tentu rahasia tekniknya
    tidak bakal di-umbar keluar. Wah! kita kehilangan diskusi dong…
    Sayang ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: