Ratusan Rumah dan Masjid Retak

RADAR SIDOARJO      Jumat, 25 Mei 2007
SIDOARJO – Beberapa kawasan di sekitar luapan lumpur mengkhawatirkan. Gejala subsidence (penurunan tanah) terus muncul di beberapa lokasi dan menyebabkan beberapa bangunan di sana retak-retak. Hingga kemarin, belum ada langkah Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) menyangkut hal ini.

Beberapa lokasi itu antara lain, di permukiman penduduk Kelurahan Siring bagian barat. Ratusan rumah di sana telah mengalami retak-retak di bagian temboknya.

Seperti yang dialami Ruwinah, 49, warga RT 2 Kelurahan Siring. Tembok di ruang tamu rumahnya retak sepanjang sekitar 3 meter. Selain itu, beberapa lantai rumahnya juga diketahui pecah, seperti terdorong dari bawah. “Ini mulai terjadi sekitar tiga minggu lalu,” jelasnya.

Warga di sana yang sebagian besar sudah mengungsikan barang-barangnya itu, kini hanya bisa pasrah. “Saya tak tahu harus bagaimana, kalau mau minta tanggung jawab pada siapa,” ujarnya.

Di kelurahan yang hampir seluruh rumah penduduk tenggelam oleh lumpur tersebut, saat ini, hanya tertinggal empat RT. Yaitu; RT 1, 2, 3, dan 12. Keempat RT itu berada di sebelah barat Jalan Raya Porong. Sedangkan 8 RT lain yang berada di sebelah timur Jalan Raya Porong sudah tenggelam oleh lumpur seluruhnya.

Kondisi retak-retak juga ditemui di Masjid Khalid bin Walid Desa Renokenongo. Sejak sekitar seminggu lalu, ditemukan retakan yang memanjang sekitar 10 meter di tangga lantai masjid tersebut. Retakan itu memanjang dari arah barat ke timur.

Menurut Ta’mir masjid setempat Ali Mas’ad, retakan tersebut sebenarnya merupakan yang kedua. Retakan pertama berada di tempat wudu. “Iya, begini ini kondisinya,” katanya. Menurut dia, kondisi retakan di masjid tersebut sebenarnya masih lebih baik di banding permukiman penduduk di sekitarnya. “Hampir semua rumah di sini sebenarnya sudah tak layak huni,” jelasnya.(dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: