Berbahaya, Tiang PLN Dicabut

RADAR SIDOARJO      Sabtu, 26 Mei 2007
SIDOARJO – PLN Sidoarjo tidak mau ambil risiko melihat penurunan permukaan tanah (subsidence) yang kian mengkhawatirkan. Kemarin PLN mencabut dan memindahkan sejumlah tiang listrik di sisi timur Jl Raya Porong ke barat jalan. Akibat subsidence, tiang-tiang listrik sudah miring dan dikhawatirkan roboh.

Manajer Area PLN Sidoarjo Rajasa Gautama mengatakan, pemindahan tiang itu merupakan upaya penyelamatan dan pengamanan jaringan listrik. Tiang PLN yang kemarin dibongkar berada di dekat rel KA. Beberapa kali dasar tiang terendam lumpur. Padahal, jaringan listrik masih aktif. “Keselamatan warga sekitar juga menjadi pertimbangan kami,” ujarnya.

Menurut Rajasa, tiang-tiang yang posisinya rawan terkait lumpur itu berada di sepanjang Desa Ketapang hingga Kelurahan Siring. Sebagian bahkan sudah terendam setinggi 1,5 meter. Dari sisi keselamatan dan keamanan, posisi itu sebenarnya tidak layak. “Kalau dibilang tak layak, memang tak layak,” katanya.

Selain terendam lumpur, yang paling dikhawatirkan ialah posisi tiang yang sudah miring. Jika tidak segera dipindahkan, PLN khawatir menimbulkan ancaman keselamatan bagi warga sekitar.

Bukan hanya kali ini PLN menyelamatkan asetnya. Sebelumnya, PLN Sidoarjo memindahkan sejumlah gardu bernilai miliaran rupiah dari Porong ke Buduran. Sejumlah gardu di kawasan Desa Renokenongo dan Jatirejo juga sudah dievakuasi meski beberapa akhirnya tenggelam lumpur.(dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: