Tiang Listrik di Jalan Raya Porong Segera Dipindahkan

Minggu, 27 Mei 2007 Lumpur Panas
SIDOARJO, KOMPAS – PLN segera mematikan aliran listrik yang selama ini melewati kabel listrik di sisi timur Jalan Raya Porong. Pasalnya, setelah lumpur menggenangi tiang listrik, kondisinya semakin membahayakan.

Listrik di sisi timur itu digunakan untuk mengalirkan listrik ke desa-desa di sisi timur rel kereta api, di antaranya Desa Mindi dan Jatirejo, Jawa Timur (Jatim).

Hingga Sabtu (26/5), beberapa tiang listrik di sisi timur Jalan Raya Porong tidak tegak lagi. Tiang juga sudah lama terendam aliran lumpur panas. Tiang listrik yang terlihat kini sekitar delapan meter dari permukaan lumpur.

Petugas PLN UPJ Porong Kusnadi mengatakan, dengan kondisi demikian PLN khawatir sewaktu- waktu tiang-tiang listrik itu bisa roboh. “Banyak proyek penguatan tanggul di sekitar tiang listrik ini. Kami tidak ingin sewaktu- waktu tiang roboh dan membahayakan proyek, serta warga sekitar,” kata Kusnadi.

Dia menambahkan, setelah aliran listrik yang melalui tiang di sisi timur dihentikan, PLN akan membuat jaringan baru untuk desa-desa di sisi timur Jalan Raya Porong. Jaringan ini didapat dari aliran listrik di sisi barat jalan.

Pada Jumat (25/5), PLN sudah memancang dua tiang beton di sisi timur Jalan Raya Porong. PLN akan memancang empat tiang beton lagi. Masing-masing tiang beton itu setinggi sekitar 13 meter. Setelah tiang beton terpancang kuat, tutur Kusnadi, PLN akan memasang kabel baru di sepanjang sisi barat yang akan diteruskan ke sisi timur melalui tiang beton itu. Namun, dia tidak menargetkan kapan seluruh proses pemindahan jaringan ini akan tuntas.

“Ada sekitar 20 tiang lama di sisi timur Jalan Raya Porong yang alirannya akan dimatikan. Keseluruhannya mempunyai daya 20.000 volt,” ujar Kusnadi. Aliran listrik baru dari sisi barat ini juga akan berdaya 20.000 volt.

Lebih lanjut Kusnadi menjelaskan, dana pemindahan jaringan ini seluruhnya berasal dari PLN. Namun, Kusnadi enggan menyebutkan berapa nilai total proyek ini.

Identifikasi rumah

Sementara Bupati Sidoarjo Win Hendrarso menyatakan akan membentuk tim untuk mengidentifikasi rumah-rumah di kawasan Desa Siring Barat. Rumah-rumah di sana mengalami keretakan lantai dan tembok yang diduga akibat penurunan tanah. Padahal kawasan tersebut tidak termasuk peta terdampak lumpur.

“Tim ini gabungan dari pemkab, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), dan pihak-pihak terkait lainnya,” kata Win.

Identifikasi rumah-rumah di Desa Siring Barat tersebut merupakan langkah awal sebelum diputuskan langkah penanganan masalah di sana. Diharapkan pekan depan proses identifikasi selesai. Nantinya hasil identifikasi itu menjadi titik untuk menentukan sikap. “Kita lihat minggu depan begitu identifikasi di sana selesai,” tuturnya.

Seperti diberitakan Kompas, Sabtu (26/5), BPLS tak bisa sepenuhnya bertanggung jawab terhadap berbagai kerusakan yang terjadi, seperti lantai dan tembok yang retak di Desa Siring Barat.

Selain mereka berada di luar peta terdampak lumpur seperti yang ditetapkan pemerintah pada 22 Maret 2007, BPLS cukup terbebani dalam menangani wilayah-wilayah yang termasuk di peta terdampak lumpur.

Dengan demikian diharapkan pemerintah daerah setempat, dalam hal ini Bupati Sidoarjo dan Gubernur Jatim Imam Utomo, segera bertindak. (AB8/BEE)

Iklan

3 Responses to Tiang Listrik di Jalan Raya Porong Segera Dipindahkan

  1. prawira berkata:

    bupati mau bantu? hehehe..urus keluarga sendiri aja ga bisa palagi urus lumpur…,yah inilah kalu jabatan bukan diniati krn ibadah kpd Allah SWT…..

  2. bakar berkata:

    bagaimana dengan pembiayaan akibat bencana ni?

  3. wargabanten berkata:

    Bupati bertindak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: