Pengajian Tidak Boleh Berhenti Karena Lumpur

RADAR SIDOARJO      Kamis, 31 Mei 2007
SIDOARJO – Ribuan orang dari berbagai kalangan, kemarin, mengantarkan kepergian mantan Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Ustad Abdurochim Nur. Almarhum yang meninggal Selasa (29/5) malam itu dimakamkan di pemakaman Desa Jatirejo, Kecamatan Porong.

Salah seorang tokoh Muhammadiyah berpengaruh di Jatim itu meninggal dalam usia 76 tahun. Seminggu sebelum meninggal, bapak lima orang anak itu sempat dirawat di RSUD Sidoarjo karena penyakit paru-paru yang sudah dideritanya setahun terakhir.

Suasana haru begitu terasa, terutama saat jenazah akan diberangkatkan menuju pemakaman. Muhammad Mirdasy, mantan wakil ketua Pansus Lumpur Lapindo DPRD Jatim, yang merupakan anak tertua Abdurochim Nur sempat menyampaikan beberapa pesan terakhir dari almarhum.

Menurut dia, ayahandanya sempat berpesan, agar usaha membangun masyarakat yang selama ini sudah dirintis selama puluhan tahun jangan sampai pupus. “Beliau berpesan jangan pernah sekali-sekali menyurutkan semangat perjuangan,” ujarnya.

Meski kesehatan mantan Ketua PW Muhamadiyah Jatim 3 periode itu terus menurun akhir-akhir ini, Abdurachim Nur tetap mengasuh pengajian di Masjid Nurul Azhar Siring yang berada di kompleks rumah almarhum. Tak hanya Pengajian Fajar Shodiq yang dilangsungkan 1 bulan sekali, pengajian rutin tiap pagi setelah salat subuh juga tetap diasuhnya.

“Pengajian di sini tak boleh berhenti hanya karena lumpur Lapindo. Hanya Allah yang bisa menghentikan atau memindahkannya,” ungkap Mirdasy, menirukan pesan ayahnya. Lokasi kompleks rumah Abdurochim Nur dan masjid memang tak terlalu jauh dari lokasi luapan lumpur. Jaraknya hanya sekitar 1 kilometer di sebelah Barat pusat semburan.

“Perjuangan yang dilakukan beliau memang patut diteladani,” ungkap Nurcholis Huda, salah seorang pengurus PP Muhammadiyah. (dyn)

<< :: Kembali

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: