Ekskaponton Dekati Pusat Semburan

RADAR SIDOARJO      Jumat, 01 Juni 2007
HUJAN yang turun dua hari berturut-turut membuat kondisi di pusat semburan dan sekitarnya kemarin, kembali kritis. Ketinggian lumpur sudah hampir menyentuh beberapa bibir tanggul yang ada di sana. Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) pun tak bisa banyak berbuat atas kondisi tersebut.

Hingga sore kemarin, tak banyak terlihat aktivitas truk pengangkut sirtu di sekitar lokasi luapan lumpur. Padahal, pada sejumlah titik tanggul di sekitar tanggul cincin kondisinya sudah kritis. Jarak bibir tanggul dengan lumpur hanya sekitar 10 sentimeter-20 sentimeter saja.

Di lokasi sekitar pusat semburan, hanya terlihat aktivitas pengaliran lumpur yang tetap tinggi intensitasnya. Bahkan, tak hanya ekskavator-long arm yang disiagakan di sana, ekskavator ponton (ekskaponton) pun mulai makin mendekat ke lokasi pusat semburan. Jaraknya, hanya sekitar 200 meter dari pusat semburan. Sejumlah alat itu digunakan untuk mendorong aliran lumpur agar bisa bergerak.

“Kami harus bantu, karena jika tidak, tanggul bisa jebol,” jelas salah seorang operator ekskavator ponton Hariyanto. Dia mengatakan, kondisi di sekitar pusat semburan, kerawanannya makin meningkat sejak dua hari terakhir.

Sejak Rabu (30/5), hujan deras selalu turun di sekitar lokasi luapan lumpur. Selain peningkatan volume lumpur di kolam penampungan, hujan mengakibatkan kondisi akses untuk menuju lokasi jadi sangat sulit. Jalan yang terbangun dari material sirtu itu jadi becek dan sulit dilewati truk atau pun alat berat.

Akibatnya, pasokan material untuk perbaikan dan penguatan tanggul pun terkendala. Satusatunya yang bisa dilakukan hanyalah memaksimalkan pengaliran lumpur ke selatan menuju spillway. “Kami akan terus berusaha mengamankan tanggul yang ada,” ungkap Humas BPLS Ahmad Zulkarnaen. Namun, dia mengakui, kondisi tanggul yang becek membuat upaya pengamanan jadi tak maksimal. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: