Pedagang Ragu Bantuan UKM

RADAR SIDOARJO      Sabtu, 02 Juni 2007
PARA pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Kedungbendo (P4) menolak program bantuan usaha kecil dan menengah (UKM) dari PT Lapindo Brantas Inc. Mereka menilai bantuan tersebut tidak disalurkan secara transparan.

Menurut Koordinator P4 Suharso, sejak awal sosialisasi program itu, banyak hal yang tidak secara gamblang dijelaskan. “Status bantuan ini saja tidak dibeberkan secara jelas,” ujarnya.Pedagang khawatir jika tiba-tiba bantuan itu mengikat pedagang di kemudian hari. “Kami hanya berhati-hati,” ungkapnya.

Suharso mengatakan, sebagian besar warga takut, jangan-jangan bantuan UKM itu akan menjadi bentuk lain ganti rugi yang seharusnya diterima para pemilik kios dan toko yang kini tenggelam di Pasar Kedungbendo. Mereka akan menyambut baik jika bantuan tersebut dijelaskan secara transparan. Apakah dalam bentuk bantuan modal atau yang lain. “Kalau program itu murni bantuan, tentu saja kami akan sangat berterima kasih,” tuturnya.

Saat ini, kondisi pedagang benar-benar terpuruk. Sebagian besar mereka menganggur. Selain tidak punya modal untuk berusaha lagi, pedagang korban lumpur itu tertekan. Kemauan dan keinginan berdagang, tampaknya, sudah buntu. “Saya sendiri juga masih menganggur,” ujarnya.

Dikonfirmasi soal itu, Humas PT Lapindo Brantas Yuniwati Teryana menjelaskan, para pedagang di bekas Pasar Kedungbendo tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, program tersebut murni bantuan Lapindo untuk pengembangan usaha kecil. Ganti rugi akan tetap berjalan sesuai dengan kesepakatan. Tentang sosialisasi, lanjut Yuniwati, Lapindo sudah berencana melakukannya secara terbuka. “Mungkin awal Juni ini akan kami sampaikan lebih dalam,” ujarnya. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: