Ombak Membesar, Lumpur Meluber

RADAR SIDOARJO      Kamis, 07 Juni 2007
SIDOARJO – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) mencatat aktivitas semburan lumpur masih sangat mengkhawatirkan. Rabu dini hari kemarin, tanggul lumpur kian kritis terdorong ombak lumpur panas dari pusat semburan.

Peningkatan aktivitas semburan diketahui terjadi sekitar pukul 02.00 Rabu (6/6). Hal itu ditandai dengan meningginya semburan lumpur ke udara dan ombak lumpur yang makin deras. Dibandingkan dengan hari-hari biasa, yang terjadi kemarin mencemaskan. Semburan lumpur tampak tinggi disertai beberapa kali letupan. Seketika lumpur panas meluber dan mendesak tanggul cincin. “Kami langsung memperbaiki dan meninggikan posisi tanggul,” jelasnya.

Deputi Bidang Operasional BPLS Sofyan Hadi mengatakan, tanggul cincin sebenarnya berkali-kali ditinggikan. Namun, elevasi lumpur dan tanggul ternyata tidak berubah. Penambahan tinggi tanggul yang diukur dengan peletakan 2 sampai 3 sand bag hanya bertahan 3 sampai 4 hari. “Apalagi waktu bulan purnama, kami waswas,” kata dia.

Menurut Sofyan, faktor penurunan tanah juga sangat diperhitungkan dalam menjaga kondisi tanggul. Yang bisa dirasakan saat ini penurunan tanah terjadi pada radius 400 meter sampai 500 meter dari pusat semburan. Karena itu, tanggul-tanggul di area genangan lumpur terus diperkuat. Selain ditinggikan, tanggul-tanggul juga dipadatkan agar lebih kuat menahan beban. (dyn)

Iklan

5 Responses to Ombak Membesar, Lumpur Meluber

  1. rino berkata:

    Bisa jadi pak arsolim, mungkin kita dapat kehilangan ide2 ketika sudah memikul tanggung jawab tersebut.

    Saatnya kita cukup memberikan ide2 pada mereka (kalau kita punya), tidak perlu mengobok2 mereka.

    Tapi yang saya sayangkan pernyataan2 yang keluar dari pihak BPLS membingungkan masyarakat, Mungkin diberita ini ombak membesar tapi dua hari lagi volume mengecil? Baru saya nulis comment di atas ternyata bsoknya udah ada berita volume mengecil dan lumpur jadi pekat.

  2. Arsolim berkata:

    Pak Rino, dari pengalaman yang saya rasakan, justru orang2 yang berkecimpung langsung dalam suaru persoalan spt masalah lumpur ini, tidak akan keluar ide2 cemerlang dari mereka, karena apa ? karena mereka sehari-harinya sudah berkutat dengan segala macam kegiatan2 rutin, sehingga tidak ada waktu memikirkan ide2 yang brillian, jadi justru orang2 yang berada diluar komuntas tersebut yang bisa memberikan ide2 bagus.

  3. Rino berkata:

    Perasaan saya sudah sangat sering dengar yang namanya Pak Sofyan Hadi. Mulai sebelum beliau menjadi deputi operasional sudah banyak pemikiran2 tentang lumpur ini. Apalagi sekarang setelah menjabat kepala operasi BPLS yang nota bene punya kewenangan dan tanggung jawab terbesar dalam masalah penanggulangan lumpur di lokasi.

    Yang saya lihat saat ini, justru ga ada usaha2 atau inovasi2 yang tercetus untuk menyelesaikan kasus ini, khususnya dari ide BPLS sendiri. Bahkan selama BPLS bertugas sepertinya ga ada kegiatan di lokasi semburan selain nambah tinggi tanggul.

    Yang saya tahu lagi BPLS diisi orang2 basic geologi yang harusnya lebih tahu masalah penanggulan semburan. Kalau masalah perbaikan tangul saya pikir orang2 Timnas lebih jago. Atau jangan2 tanggul yang dibikin sekarang emang lebih rapuh???Jadi seakan2 lumpurnya selalu tambah bahaya.

    Memperhatikan fakta2 di atas saya jadi punya prasangka2
    1. Sebenarnya BPLS sudah orang2 yang tepat berada diposisi sekarang dengan ide2 brilian, tapi tidak mempunyai ppower yang cukup untuk memutuskan tindakan yang akan dilakukan…..kalau ini buat apa ada BPLS????bubarin aja

    2. Orang2 yang ada di BPLS hanya punya teori tapi tak punya kemampuan memanfaatkan kewenangan yang mereka punyai…KAlau gini mending jadi pengamat aja

    3. Jangan2 sekarang itu orang2 di BPLS memposisikan dirinya sebagai juru bicara saja, bukan hanya teknis doang…..(pengen terkenal aja kali)

  4. usil berkata:

    Simpatisannya sih sudah pada bersorak…tapi alam bilang: BUKAN ITU

  5. a_otnaidah berkata:

    loh ko membesar? ………… ketua tim HDCB ITB kan sudah ngumumin nyang semburan lumpur dari 150 rb udah turun jadi 80-100 rb pasca insersi bolton. kumaha atu……………… rakyat ko dibingungin mulu…………?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: