Tanggul Permanen Selesai Juli

RADAR SIDOARJO      Selasa, 12 Juni 2007
SIDOARJO – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) menargetkan tanggul permanen penahan lumpur selesai awal Juli. Tanggul permanen setinggi 11 meter itu akan dibangun untuk melindungi Jl Raya Porong dan rel KA.

“Jika tak ada halangan, semoga selesai awal Juli,” kata Humas BPLS Ahmad Zulkarnaen. Pembangunan tanggul dimulai dari kawasan Kelurahan Siring, Perumahan TAS I, hingga Desa Renokenongo. Jalur tersebut diutamakan karena dinilai paling rawan. “Posisinya berhadapan langsung dengan pusat semburan,” jelas dia.

Target cepat itu, lanjut Zulkarnaen, tidak lepas dari biaya yang diambil dari APBN. Ini sesuai dengan salah satu isi Perpres No. 14 yang menyatakan tanggul luar jadi tanggungan APBN. Jadi, tidak bergantung pada PT Lapindo Brantas seperti tanggul-tanggul sebelumnya.

Di lapangan, pembangunan tanggul permanen sudah sampai di kawasan Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin. Tanggul yang terbangun setinggi sekitar 7 meter. Lebar puncak tanggul mencapai sekitar 8 meter.

Menurut salah seorang pengawas pembangunan tanggul dari PT Brantas Abipraya M. Aschan, pembangunan tanggul permanen seharusnya juga diikuti dengan perbaikan dan pembangunan tanggul di pusat semburan.(dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: