Minarak Janji Datangi Dewan

RADAR SIDOARJO      Rabu, 13 Juni 2007
SIDOARJO – Bupati Win Hendrarso telah menyatakan siap menandatangani pengesahan bukti kepemilikan korban lumpur berupa pethok D dan letter C yang sudah lolos verifikasi tim dari BPLS. Namun, DPRD Sidoarjo masih menilai PT Minarak Lapindo Jaya berniat menjebak bupati dengan tanda tangan itu.

Ketua Fraksi PAN DPRD Sidoarjo Amrullah menilai Minarak berniat menjebak Bupati Win untuk bertindak tidak sesuai dengan undang-undang pertanahan. “Kalau bupati tanda tangan, itu melanggar undang-undang pertanahan. Sebab, yang berhak mengesahkan hanya BPN (Badan Pertanahan Nasional),” tegas Amrullah.

Amrullah membenarkan bahwa bupati adalah pemegang otoritas tertinggi di wilayah kabupaten. Namun, berdasarkan undang-undang yang berlaku, otoritas masalah pertanahan tetap berada di tangan pemerintah pusat. Karena itu, jika bupati harus menandatangani pengesahan bukti pethok D atau letter C milik warga korban lumpur, pemerintah pusat harus memberikan payung hukum yang kuat. “Payung hukum itu seharusnya keputusan presiden, bukan keputusan menteri,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sumi Harsono menyatakan tuntutan PT Minarak hanyalah bermaksud mengulur-ulur proses pembayaran ganti rugi. Setelah bupati mau tanda tangan pengesahan hasil verifikasi tim BPLS, sekarang Minarak menuntut bukti krawangan atau buku kretek. Karena itulah, DPRD Sidoarjo memanggil pimpinan PT Minarak menjelaskan tuntutan syarat baru itu.

Secara terpisah, Vice President PT Minarak Lapindo Jaya (korporasi yang ditunjuk PT Lapindo Brantas membayar ganti rugi warga korban lumpur) Andi Darussalam Tabusalla menyatakan dirinya tidak akan menanggapi tudingan para anggota DPRD Sidoarjo itu. Dia mengatakan sudah membicarakan masalah tersebut dengan pimpinan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo.

“Saya tidak mau berpolemik di koran. Biarkan saja prosesnya berjalan. Nanti bisa dilihat, sejauh mana Minarak bertanggung jawab,” tandasnya. Andi menyatakan tidak akan menghindar apabila DPRD Sidoarjo memanggil dirinya.(sat)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: