Gubernur: Tak Perlu Khawatir Sidoarjo Ambles

RADAR SIDOARJO      Senin, 18 Juni 2007
SIDOARJO – Gubernur Jatim Imam Utomo mengimbau agar masyarakat Sidoarjo tidak cemas atas dampak geologi kawasan yang terkena lumpur Lapindo. Zona yang dimaksud adalah radius 0 sampai 1,5 kilometer dari pusat semburan lembur. Karena itu, masyarakat Sidoarjo tidak perlu khawatir atas adanya berita itu.

“Informasi pada rapat kemarin, yang terkena dampak adalah wilayah radius 1,5 kilometer. Jadi, Sidoarjo tidak harus dikosongkan,” kata Imam kepada wartawan.

Menurut dia, informasi yang diterima dari para ahli itu merupakan program panjang, setidaknya butuh 30-50 tahun. Dia-berharap tidak ada pernyataan simpang siur yang merisaukan masyarakat. “Berita wilayah Sidoarjo akan ambles hanya merisaukan masyarakat. Ikutilah informasi dari ahlinya,” tegasnya.

Kondisi masyarakat sekitar semburan lumpur Lapindo sudah memprihatinkan. Pernyataan yang merisaukan hanya akan mengeruhkan suasana.

Sebagaimana diberitakan, zona bencana lumpur adalah kawasan yang berada dalam radius 0 hingga 1,5 kilometer dari pusat semburan lumpur.

Daerah dalam radius 3-5 kilometer dari pusat semburan ditetapkan sebagai zona pengaruh bencana Lumpur. Dari pernyataan itu, banyak orang yang mengasumsikan Sidoarjo harus dikosongkan. Padahal, wilayah Sidoarjo sangat luas. Karena itu, dampak bencana tidak akan mengenai Sidoarjo seluruhnya.

Hingga kini, pemprov belum memikirkan wilayah untuk relokasi zona bencana lumpur karena dianggap masih lama dan butuh waktu bertahap untuk merencanakan program relokasi tersebut. “Itu nanti masuk program bertahap,” katanya.

Pernyataan senada diungkapkan Pengurus Daerah (PD) Pemuda Muhammadiyah Sidoarjo yang diwakili ketua barunya, Syaifullah. Dia menyesalkan dan menyayangkan pernyataan Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta agar Sidoarjo dikosongkan. Hal tersebut diungkapkan Syaifullah dalam acara serah terima jabatan ketua PD Pemuda Muhammadiyah Daerah Sidoarjo kemarin. Selain serah terima jabatan, dalam acara itu juga diadakan pengobatan gratis, donor darah, serta pemberian santunan bagi anak yatim.

Syaifullah mengungkapkan, peryataan Paskah Suzetta tidak didukung data valid. Menurut dia, Sidoarjo tidak perlu dikosongkan. Dia menambahkan, pernyataan Paskah tersebut akan meresahkan masyarakat Sidoarjo yang berdasar data Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo mencapai 1.480.578 orang. (riq/luq)

Iklan

4 Responses to Gubernur: Tak Perlu Khawatir Sidoarjo Ambles

  1. ARMAN berkata:

    Selain menyelamatkan korban lumpur Lapindo,jangan lupa Pak De Karwo selamatkan juga aset pemprov jatim yang di kapling oleh oknum pejabat balai bahasa surabaya,dan apalagi lahan yang di kapling tersebut sudah ada yang terjual dan sudah bersetifikat.Sedangkan balai bahasa surabaya saja tidak punya sertifikat .Indikasi konspirasi manipulasi data antara oknum pejabat BPN dan oknum pejabat balai bahasa surabaya perlu ada penelusuran lebih komprehendif dari pihak terkait.

  2. s.soekirno berkata:

    1. Ma’af pak Gubernur, statement bapak itu terlalu dini.

    2. Setelah ada penyelidikan dari Geologi Teknis ataupun Instansi terkait baru bisa memberikan statement.

  3. siro berkata:

    pak, bagaimana relokasinya. kapan mulai diberitahukan ke mastarakat umum. karena untuk kelangsungan masa depan kota kami maka kami memohon untuk bapak ibu yang duduk di pemerintahan memberi solusi yang win-win solution.. thanks kami rakyat mendukung anda semoga bencana ini cepat terselesaikan. viva porong

  4. Joyo.S berkata:

    “Gubernur: Tak Perlu Khawatir Sidoarjo Ambles”
    ===================================

    🙂 “Bener pak gubernur, kami cuma khawatir ga dibayar2 lunas je” 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: