Kaltim Jajaki Relokasi UMKM Tanggulangin

Sabtu, 23 Juni 2007
Balikpapan, Kompas – Tiga kota di Kalimantan Timur kini sedang dipertimbangkan menjadi tempat relokasi bagi usaha mikro kecil menengah atau UMKM dari korban lumpur panas Lapindo Brantas Inc di Sidoarjo.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Kaltim Sulaiman Gafur, Jumat (22/6), ketiga kota itu adalah Samarinda, Balikpapan, dan Bontang.

Menurut Sulaiman, wacana relokasi itu bermula dari keinginan sekelompok pengusaha UMKM dari Tanggulangin, Sidoarjo, yang tempat usahanya kini hancur akibat terendam lumpur panas. Pemerintah Provinsi Jawa Timur kemudian menindaklanjuti keinginan warganya untuk migrasi spontan ke Kaltim dengan mengirim surat kepada Pemprov Kaltim awal Mei lalu. “Penentuan lokasi masih dibicarakan,” katanya.

Dia menambahkan, permohonan Jatim itu juga sudah dibicarakan dalam rapat koordinasi dengan pemerintah kota.

Pedagang terabaikan

Di Sidoarjo, sejumlah pedagang Pasar Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin, menemui Panitia Khusus DPRD Sidoarjo. Mereka merasa terabaikan dalam hal ganti rugi kios. Berkali-kali mereka menyampaikan tuntutan, tetapi Lapindo belum pernah menanggapi.

Namun, Managing Partner Firma Hukum Jurnalis & Ponto Fauzi Jurnalis yang mengurusi bantuan usaha bagi pedagang kecil dan menengah membantah tudingan itu. Sebanyak 305 pedagang kecil dan menengah, katanya, telah diberi bantuan kelangsungan usaha yang besarnya berbeda satu sama lain. Untuk pedagang Kedungbendo, ia mengatakan, klaim pedagang akan diteliti keabsahannya oleh Lapindo.

Sementara itu, PT Minarak Lapindo Jaya yang mengurusi ganti rugi tanah dan bangunan milik korban lumpur, kemarin, mulai membayar ganti rugi bagi enam warga Perumahan Tanggulangin Sejahtera I. (BRO/APA)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: