Pemerintah Akan Talangi Pembayaran Ganti Rugi

Kompas/Raditya Helabumi Lumpur Lapindo
Laporan Wartawan Kompas Suhartono
JAKARTA, KOMPAS – Pemerintah akan menalangi pembayaran ganti rugi terhadap warga korban lumpur Lapindo Brantas melalui perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN-P) 2007 yang pada Juli ini akan diserahkan kepada DPR.

“Pemerintah sudah menyatakan akan memberikan dana talangan jika seandainya Lapindo Brantas terlambat (membayar), dan itu nanti akan ditagih ke Lapindo. Tetapi, bagaimana rinciannya dari 219 keluarga yang belum terbayar itu. Apakah hanya itu saja? Apakah talangan itu tidak dibuat juga untuk yang lain? Sedangkan yang 303 keluarga akan dibayar oleh Lapindo. Rinciannya juga tanya ke Menkeu, “ujar Purnomo.

Purnomo mengatakan hal itu setelah mengikuti Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Senin (25/6) siang.

Menurut Purnomo, untuk memastikan kemungkinan adanya dana talangan dari APBN-P 2007, Presiden Yudhoyono Senin siang akan terbang ke Sidoardjo, Jawa Timur, untuk mengecek terlebih dulu. Purnomo sebelumnya menyatakan, dari 522 keluarga non-Perumtas, ada 303 keluarga yang sudah selesai dan 219 keluarga belum selesai, sehingga belum bisa dibayarkan.

Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat memberikan keterangan pers seusai sidang kabinet  menyatakan bahwa dalam Peraturan Presiden No 14 Tahun 2007 tentang Badan Pelaksana Penanggulangan Lumpur Lapindo di Sidoardjo (BPPLS) sudah ditetapkan, untuk ganti rugi kepada korban, yang menanggung adalah Lapindo. Sedangkan untuk relokasi infrastruktur di kawasan lumpur Lapindo, ditanggung oleh pemerintah.

“Akan tetapi, jika ada mekanisme lain di luar yang ditetapkan itu, maka hal itu akan dibahas dan dikaji kembali bersama DPR. Memang, kita juga akan melihat pertimbangan-pertimbangan yang ada, termasuk rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” lanjut Sri Mulyani. BPK dalam rekoemndasi kepada DPR baru-baru ini menyarankan pemerintah untuk sementara mengambil alih ganti rugi pembayaran Lapindo sambil menunggu kepastian siapa sebenarnya yang harus bertanggung jawab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: