Mulai Eksodus ke Luar Kota

RADAR SIDOARJO      Selasa, 26 Juni 2007
SIDOARJO – Minat siswa Sidoarjo untuk melanjutkan sekolah di luar kota cukup besar. Itu terlihat dari membeludaknya pemohon rekomendasi pindah sekolah. Surabaya menjadi tujuan, meski kota tersebut telah menetapkan kuota hanya 5 persen untuk siswa luar kota.

Jumlah pemohon rekomendasi itu terus mengalir ke Dinas Pendidikan Kabupaten (Dikkab) Sidoarjo. Dikkab membuka rekomendasi tersebut sejak pekan lalu. Menurut Kadikkab M.G. Hadi Sutjipto, tahun-tahun sebelumnya juga banyak siswa yang mengurus rekomendasi melanjutkan sekolah ke luar kota. Tahun lalu, jumlahnya mencapai 400 siswa. Tahun ini jumlahnya diperkirakan bertambah. Hingga kemarin, pemohon rekomendasi tersebut mencapai lebih dari seratus siswa. “Belum direkap. Tahun ini sepertinya ada peningkatan,” ujarnya.

Menurut Sutjipto, kebanyakan alasan siswa bersekolah di luar kota adalah mengikuti orang tua yang harus pindah dinas ke luar kota, terutama Surabaya. Tapi, banyak juga siswa yang mengajukan rekomendasi karena tinggal berbatasan langsung dengan Surabaya. Misalnya, di Kecamatan Waru dan Taman.

Maksum, salah seorang orang tua siswa yang mengajukan rekomendasi agar anaknya bisa bersekolah di SMK Negeri 3 Surabaya. Menurut dia, gengsi sekolah di Surabaya lebih tinggi daripada Sidoarjo.

Sementara itu, ketatnya persaingan masuk ke sekolah negeri mengilhami OSIS SMAN 1 Gresik untuk membantu calon siswa yang ingin masuk SMAN 1 Gresik. Caranya, mereka akan mengadakan try out masuk SMAN 1 Gresik pada 2 Juli. Untuk mengikuti latihan ujian tersebut, setiap peserta harus membayar Rp 12.500.

Kesempatan itu, ternyata, mendapatkan sambutan luar biasa dari wali murid maupun calon siswa. Pada hari pertama kemarin, terjual sekitar 150 formulir try out.

Dalam PSB SMA tahun ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) menggunakan sistem skoring terpadu (SST) (luq/yad)

Iklan

One Response to Mulai Eksodus ke Luar Kota

  1. ex ketua OSIS SMAN ! Gresik berkata:

    betul sekali, hal tersebut memang harus dilanjutkan tiap tahunnya dikarenakan kisi-kisi dari OSIS biasanya mendekati yang muncul di ujian masuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: