Raya Porong Tergenang Lagi

RADAR SIDOARJO      Senin, 02 Juli 2007
SIDOARJO – Tanggul penahan lumpur di sekitar pusat semburan jebol lagi. Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) hanya menambal sulam tanggul di kawasan Jatirejo itu. Tanggul tersebut jebol tiga hari berturut-turut.

Tanggul mulai tidak stabil sejak Jumat (29/6) lalu. Tanggul yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari pusat semburan itu terus jebol dan diluberi lumpur panas. Kemarin tanggul setinggi 19 meter itu jebol lagi sekitar pukul 02.00. Sisi tanggul yang ambrol selebar 2,5 meter dengan kedalaman 3 meter.

Aliran lumpur panas dari kanal akhirnya mengalir deras ke barat menuju kolam penampungan (ponds) Jatirejo. Praktis, lumpur panas makin mendekati Jl Raya Porong. Air lumpur sudah menggenangi jalan tersebut. Kendaraan dari arah Sidoarjo ke Malang maupun sebaliknya harus berjalan pelan. Bahkan, beberapa lama pengemudi terjebak kemacetan.

Perbaikan tanggul oleh BPLS baru selesai sekitar pukul 14.00. “Kami akan memasukkan sand bag (karung pasir, Red) di sisi tanggul bagian dalam untuk mencegah tanggul jebol lagi,” jelas Humas BPLS Ahmad Zulkarnaen.

Menurut dia, bagian bawah tanggul telah tergerus aliran lumpur. Sejak Jumat lalu sisi bagian dalam tanggul memang terus turun. Di sekitar titik jebol, penurunan mencapai sekitar 30 sentimeter setiap hari. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: