Tanggul Kembali Jebol, Perbaikan Terhambat

Kondisi tanggul kanal di Desa Jatirejo.01/07/2007 13:58 Akibat diguyur hujan lebat, tanggul kanal di titik 25, Desa Jatirejo, Porong, Sidoarjo, Jatim, kembali jebol. Ratusan warga Desa Besuki nekat bertahan pada jarak 50 meter dari tanggul penampungan lumpur

Liputan6.com, Sidoarjo: Tanggul kanal di titik 25 di Desa Jatirejo, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (30/6) malam, kembali jebol lantaran diguyur hujan lebat. Lumpur panas cukup deras mengalir ke kolam penampungan. Sedangkan perbaikan tidak terlihat.

Petugas perbaikan tanggul beralasan, akses jalan menuju tanggul sangat labil sehingga mereka tidak berani mengambil resiko dengan memperbaiki tanggul. Namun, jika tidak segera ditangani, volume lumpur akan meluber ke jalur rel kereta api dan jalan raya Porong. Tanggul tersebut pernah jebol pada 30 Juni silam [baca: Tanggul Jatirejo Kembali Jebol].

Sementara itu, ratusan warga Dukuh Besuk, Desa Besuki, Kecamatan Jabon, Sidoarjo nekat bertahan pada jarak 50 meter dari tanggul penampungan lumpur Lapindo. Warga yang sempat mengungsi memutuskan kembali ke desa lantaran tak masuk dalam pihak yang berhak menerima ganti rugi dari PT Lapindo Brantas.

Wilayah ini sempat masuk dalam peta bencana dan berhak atas ganti rugi Lapindo sejak terkena banjir lumpur setinggi satu meter pada Agustus 2006. Namun, warga mendadak dikabarkan tak mendapat ganti rugi karena wilayah Dukuh Besuk tak berada dalam peta bencana.

Kendati hidup dalam kecemasan seandainya tanggul jebol, warga akan tetap bertahan di rumah masing-masing hingga ada kepastian ganti rugi dari Lapindo. Untuk menyambung hidup, warga yang sebagian besar petani ini mengaku kesulitan. Sejak Februari silam, mereka tak lagi menerima jatah hidup yang selama ini menjadi andalan.(RMA/Tim Liputan 6 SCTV)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: