PIPA PDAM DI PORONG KEMBALI PECAH

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Jalan Raya Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (4/7), kembali tergenang air. Air menggenang akibat pipa saluran air milik PDAM Sidoarjo pecah. Akibatnya, Jalan Rayaa Porong yang sehari-hari sudah macet kini kian macet. Selain itu, sekitar 5.000 pelanggaran PDAM Sidoarjo akan kesulitan air.

Pipa PDAM bocor di pinggir Jalan Raya Porong, persisnys di Kelurahan Siring, Porong. Air dengan cepat merendam Jalan Raya Porong arah Surabaya ke Malang. Namun, air belum menggenangi rel kereta api atau jalan arah Malang ke Surabaya. Genangan ini cukup membahayakan. Pasalnya, jalan yang rusak dan berlubang menjadi tertutup air. Hingga pukul 10.00 WIB belum ada upaya untuk mengatasai masalah ini dengan cara mengurangi air.

Karena jalan berbahaya, beberapa pengendara motor tidak berani meneruskan perjalanan. Mereka memilih berputar balik. Pipa PDAM pecah semacam ini sudah keempat kalinya. Pipa pecah diduga karena beban Jalan Raya Porong kian berat. Ini menekan pipa PDAM hingga pecah. Dugaan lain, pipa pecah karena pergeseran tanah akibat semburan lumpur Porong.

Hari ini PT Minarak Lapindo Jaya membayarkan 20 persen uang muka kepada 30 orang warga korban lumpur. Pembayaran dilakukan di BTPN Sidoarjo. Pencarian sempat molor selama satu jam karena terjadi kesalahpahaman. Pada hari ini sebetulnya ada dua macam pembayaran ganti rugi, yaknio ganti rugi rumah dan bangunan sebesar 20 persen dan ganti rugi akibat gagal panen.

Agar tidak berdesak-desakan, ganti rugi gagal panen dibayarkan di Kantor Dinas Sosial Sidoarjo. Rupanya, warga yang akan menerima ganrti rugi tanah dan bangunan sebesar 20 persen juga ikut ke sana. Makanya, ketika loket di BTPN dibuka, belum semua warga datang. Pemberian ganti rugi hari ini mencapai Rp 1,9 miliar untuk 43 bidang tanah seluas 81.467 meter persegi.(DOR)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: