Raya Porong Buka, Air Belum Normal

RADAR SIDOARJO      Jumat, 06 Juli 2007
SIDOARJO – PDAM Surabaya selesai memperbaiki jaringan pipa di Jl Raya Porong yang pecah pada Rabu (4/7). Kemarin, Raya Porong yang sempat ditutup kembali dibuka. Namun, suplai air ke pelanggan PDAM masih mampu 50 persen.

Perbaikan jaringan pipa tergolong cepat. Dimulai Rabu malam, perbaikan selesai pukul 10.00 kemarin. Padahal, sebelumnya diperkirakan perbaikan butuh tiga hari. “Perbaikan memang lebih cepat dari perkiraan awal,” jelas Kasubsi Pemeliharaan Wilayah Luar Kota PDAM Surabaya Bambang Agus.

Menurut Agus, PDAM memiliki pengalaman menangani pecahnya pipa di Jl Raya Porong karena kasus itu terjadi beberapa kali. Perbaikan dilakukan dengan mengelupas aspal jalan. Berikutnya mencari kebocoran di dalam tanah sekitar 2,5 meter.

Setelah pipa tersambung, aliran air yang berasal dari sumber air Umbulan, Pasuruan, maupun sumber Tamanan, Pandaan, kembali dibuka. Namun, kapasitas debit air baru sekitar 50 persen dari kapasitas maksimum. Aliran baru dibuka secara maksimal jika benar-benar dipastikan tak ada masalah dengan sambungan pipa. “Yang penting, pelanggan tak terlalu dirugikan dulu,” ujarnya.

Di lapangan, meski sudah disambung, permukaan jalan masih berupa urukan tanah. Pengaspalan jalan belum dilakukan. Namun, mulai pukul 16.30 kemarin, Jalan Raya Porong sudah kembali dibuka. Menurut Kasatlantas Polres Sidoarjo AKP Andi Yudianto, pembukaan jalan tersebut terpaksa dilakukan karena jalur-jalur alternatif sangat padat. “Selain itu, kondisi jalan alternatif rusak parah,” ujarnya. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: