Tanggul Pejarakan Kritis

RADAR SIDOARJO      Sabtu, 07 Juli 2007
SIDOARJO – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) belum mampu menangani luberan lumpur dengan optimal. Buktinya, tanggul kolam penampungan lumpur (pond) di perbatasan antara Desa Pejarakan dan Desa Kedungcangkring, Kecamatan Jabon, kian kritis kemarin.

Tanggul yang berada di titik 36 dan 37 itu kritis setelah lumpur meluber (overtopping) Kamis (5/7) malam. Lumpur panas menggerus tanggul hingga lembek. BPLS lagi-lagi hanya menguatkan dan meninggikan tanggul agar lumpur tidak menjebol tanggul-tanggul yang berbatasan dengan pond lain.

Zainudin, petugas pengawas tanggul, mengatakan bahwa lumpur meluber karena tiga pintu saluran pembuangan lumpur dari kanal lumpur ke spillway macet. Jadi, hanya satu pintu pembuangan yang berfungsi.

Menurut dia, kondisi tanggul yang kritis juga membuat warga Desa Pejarakan khawatir. Mereka takut lumpur membanjiri permukiman mereka. “Warga melarang operator ekskavatorponton mengaduk lumpur di tengah pond. Alasannya, kalau diaduk-aduk terus, lumpur bisa tambah meluap,” jelasnya. (sat)

Iklan

2 Responses to Tanggul Pejarakan Kritis

  1. Nanto berkata:

    optimal tidaknya BPLS dipengaruhi banyak faktor. Termasuk di dalamnya menangani tanggul kritis di pejarakan. warga masih menolak solusi yang ditawarkan BPLS, karena tuntutannya ingin dimasukkan peta area terdampak. padahal solusi yang ditawarkan dapat membuat warga berkurang kekhawatirannya akan jebolnya tanggul tsb, sambil warga tetap bisa memperjuangkan haknya

  2. agus s. berkata:

    BPLS harus melakukan uji mudel fisik atau uji model matematik atau keduanya untuk mengalirkan lumpur dari pusat semburan ke s. porong atau tempat lain tanpa menimbulkan pencemaran lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: