Ical Siap Menjawab Interpelasi Lapindo

Rabu, 11 Juli 2007, JawaPOS
JAKARTA – Kisah panjang interpelasi nuklir Iran mencapai klimaks. Yakni, berakhir tanpa kejelasan. Berikutnya, pemerintah harus bersiap menghadapi usul interpelasi tragedi lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Orang yang selama ini dituduh paling bertanggung jawab atas derita rakyat Porong akibat semburan lumpur panas itu adalah Aburizal Bakrie sebagai salah seorang pemilik perusahaan Lapindo.

Apa kata Aburizal soal interpelasi itu? “Saya siap menjawab dan memberikan penjelasan jika ditugaskan presiden,” katanya kemarin di Jakarta.

Aburizal, yang turut satu rombongan dengan wakil pemerintah saat menjawab interpelasi nuklir Iran pada sidang paripurna DPR RI, menyatakan siap menjawab hak bertanya para wakil rakyat tersebut. “Kami sudah paham apa yang terkait dengan Lapindo,” katanya.

Dia menegaskan, pemerintah telah menyusun program dan kebijakan strategis untuk menyelesaikan kasus lumpur Lapindo. Program tersebut sedang berjalan dan masyarakat sudah menerima ganti rugi. “Yang jelas, kami bisa jelaskan semuanya (program dan kebijakan pemerintah, Red). Semua itu sudah clear dan bisa dilaksanakan,” tegasnya.

Meski siap menjawab, pria yang akrab dipanggil Ical itu mengaku belum tahu bahwa usul interpelasi sudah dijadwalkan untuk dibacakan dalam sidang paripurna. “Saya belum dengar itu,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua MPR A. M. Fatwa mendesak agar pemerintah segera mengambil alih penanganan korban lumpur Lapindo. Menurut Fatwa, sebagai korporasi yang profit oriented, Lapindo tentu berusaha menekan kerugian dalam proses pembayaran ganti rugi. “Karena itu, wajar jika di lapangan proses pembayaran berlarut-larut,” tegasnya.

Keprihatinan kepada para korban juga dirasakan ketika muncul berita bahwa sejumlah warga mulai gila, kehilangan kesabaran, hingga ada yang menjual diri untuk mempertahankan hidup. “Dampak petaka lumpur Lapindo akan menjadi bom waktu yang pada saatnya menimbulkan guncangan sosial yang amat dahsyat,” tambahnya.(cak)

Iklan

4 Responses to Ical Siap Menjawab Interpelasi Lapindo

  1. Kang Tutur berkata:

    yg diperlukan bukan menjawab………kali???
    ………………….
    Salam Nusantara!
    Kami mencari Penerima Beasiswa Wirausaha!
    Mohon izin, numpang “kapling”
    Matur Nuwun…..!

  2. Joyo.S berkata:

    “Ical Siap Menjawab Interpelasi Lapindo”
    =============================

    🙂 Mending menjawab interpelasi daripada ngantor di Porong 🙂

  3. idi berkata:

    wajar kalau DPR-nya melempem!!!~~~:_

  4. adrianto berkata:

    Menjawab dan debat kusirnya saja sih gampang Pak, yang susahkan tanggung jawabnya Pak….apa lagi terhadap sang pencipta alam semesta ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: