Data Bermasalah, Minta Cepat

RADAR SIDOARJO      Sabtu, 14 Juli 2007
SIDOARJO – Tim Verifikasi BPLS kewalahan melayani tuntutan sebagian warga Perum TAS agar lahan mereka cepat dibayar. Sebab, sebagian data lahan milik warga, ternyata, tidak cocok sehingga harus diverifikasi ulang.

Sesama warga Perum TAS kemarin berselisih di Kantor Tim Verifikasi Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) di Jl Diponegoro, Sidoarjo. Suasana panas mulai terasa saat sejumlah wakil warga dari Tim 16 Perum TAS dipanggil BPLS. Pertemuan berlangsung sekitar satu jam.

Ratusan warga lain dari Perum TAS yang juga datang kecewa. “Terus kami di sini untuk apa,” keluh Rulyanto, warga RT 2 RW 3 Perumahan TAS I. Dia meminta pembicaraan dilakukan terbuka. Mereka menuntut tim verifikasi bekerja cepat. “Sudah Pak Syahrul, kami hanya butuh bukti kapan kami dibayar?” kata warga lain.

Syahrul menyatakan tim sudah bekerja keras. Bahkan, tim notaris bekerja hingga pagi. Menurut dia, setiap berkas kepemilikan warga punya tingkat kesulitan masing-masing. “Kalau bangunannya standar dan statusnya sudah lunas, tentu verifikasinya mudah dan pasti cepat selesai,” jelas Syahrul menyinggung kasus di Perum TAS.

Namun, tambah dia, jika telah direnovasi dan statusnya belum lunas, tentu tidak mudah. “Apalagi belakangan, kami temukan banyak perbedaan antara luas yang diajukan warga dan bukti yang ada,” paparnya.

Tim harus mengecek silang lagi sehingga butuh waktu lebih lama. Dia menjamin, tim verifikasi tidak akan mengacu pada data IMB. Pengajuan warga juga akan dibandingkan dengan data ITS dan data lain, termasuk citra satelit.

Tim juga akan meminta kesaksian warga dengan cara mengklarifikasi kebenaran data yang mereka ajukan. “Kalau bahasa rakyatnya, mungkin semacam sumpah poconglah,” kata Syahrul. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: