LAPINDO BAYAR GANTI RUGI GAGAL PANEN

MEDIA CENTER:2007-07-13 15:32:02
Lapindo Brantas Inc (LBI) melalui PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ) kembali membayar ganti rugi gagal panen pada korban lumpur. Ini merupakan yang ke-34 kalinya dilakukan oleh LBI. Kali ini diberikan kepada 60 warga Desa Glagah Arum Kecamatan Porong, Sidoarjo.


Eksternal Relations LBI, Agus Hadi Purnomo ditemui di eks Gedung BTPN Sidoarjo, Jumat (13/7) mengatakan, kali ini LBI membayar ganti rugi gagal panen sebesar Rp 550 juta, dari areal seluas 127 ribu m2. Dari jumlah itu, akan diberikan dalam tempo dua tahun, dan per hektarenya dihargai Rp 21,6 juta/tahun, sehingga jika dijumlah dalam dua tahun, ganti ruginya senilai Rp 43,2 juta atau setara dengan 4 ton gabah kering giling (GKG).
Jika dijumlah secara keseluruhan, maka ganti rugi gagal panen yang telah dibayarkan LBI sudah mencapai Rp 11 miliar. Kini sebagian besar lahan yang telah dibayar ganti rugi itu dijadikan kolam penampungan lumpur (pond).

Tagih Janji
Sementara itu, warga Perum TAS I kembali mendatangi Kantor Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS). Mereka menagih janji pada tim verifikasi BPLS terkait penyelesaian berkas-berkas lahan dan bangunan milik mereka.
Warga Perum TAS I Kedungbendo Kecamatan Tanggulangin, Bambang Purwanto mengatakan, tim verifikasi BPLS meminta pada warga Perum TAS I agar berkas-berkasnya dilengkapi. Mereka juga meminta agar warga mau menunggu dengan sabar penyelesaian berkas hingga Rabu (12/7). “Namun hingga kini kejelasan penyelesaian berkas itu masih belum ada, akhirnya warga mempertanyakan keseriusan kinerja tim verifikasi,” katanya.
Ketika warga menanyakan alasannya, tim verifikasi mengatakan jika belum ada kesepakatan dalam rapat tripatrit antara pihak bank, tim verifikasi, dan warga dalam pengukuran. Warga pun semakin kecewa, karena dari hasil pertemuan tripatrit sebelumnya, mereka merasa sudah ada kesepakatan. “Padahal warga sudah memenuhi syarat yang diminta oleh tim verifikasi, tetapi belum juga ada panggilan dari LBI,” ujarnya.
Menanggapi hal ini, anggota Tim Deputi Sosial tim verifikasi BPLS, Syahrul Arifin menuturkan, akan secepatnya menyelesaikan berkas yang ada di tim verifikasi dan segera menyampaikan pada PT MLJ.

-sti, 2007-07-13 15:32:02

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: