Sebagian Mundur, Yang Lain Siap

RADAR SIDOARJO      Kamis, 19 Juli 2007
BADAN Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) mengagendakan pengambilan sumpah untuk warga yang data tanahnya bermasalah dilakukan Senin (23/7). Sebagian warga menyatakan mundur, tak ikut bersumpah. Namun, ada juga yang siap bersumpah bahwa data mereka benar.

Menurut Staf Deputi Sosial BPLS Syahrul Arif, tidak semua warga yang memiliki data berbeda akan disumpah, tetapi yang perbedaannya melebihi 5 meter persegi saja. “Untuk prosesi sumpah, kami akan berkoordinasi dengan Depag,” ungkapnya.

Hingga kini, sebagian besar data milik warga korban lumpur yang diketahui terdapat banyak perbedaan luasan bangunan adalah data milik warga Perum TAS I. Di antara 4.000 lebih berkas milik warga yang sudah diserahkan ke tim verifikasi, terdapat sekitar 1.400 yang perlu dilakukan sumpah.

Ketua Tim 16 Perum TAS I Koes Sulaksono menyatakan sudah menerima daftar sebagian warganya yang harus disumpah. “Asal cepat dibayar, kami siap disumpah atau apa pun,” ujarnya.

Namun, sebagian warga lain menyatakan tak akan mengikuti prosesi sumpah. Mereka lebih memilih menyetujui data ITS. “Lebih baik luas berkurang daripada harus katutan uang Minarak,” kata Warno Prajiono, warga RT 1 RW 8 Perumahan TAS I.

Warga yang sebelumnya tinggal di Blok D itu mengajukan luasan bangunan 96 meter persegi untuk diganti rugi. Namun, berdasar data ITS, luasan bangunan miliknya hanya 72 meter persegi. “Sudahlah, tidak apa-apa. Saya juga tidak ingin berlama-lama,” ujarnya.

Berbeda dengan keduanya, Agus Wuryanto, warga RT 1 RW 9, tetap akan mengikuti sumpah. “Saya sangat yakin, luas yang saya ajukan sudah sesuai dengan yang sebenarnya,”kata dia. Dari dua kavling rumah yang dimiliki, pria yang juga ketua RT itu mengajukan luasan bangunan 222 meter persegi. Berbeda dengan yang diajukan, data dari ITS hanya menyatakan 168 meter persegi. (dyn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: