Sampai Kapan Pipa Pecah?

RADAR SIDOARJO      Senin, 23 Juli 2007
SIDOARJO – Pecah lagi, pecah lagi. Untuk kali kesekian, jaringan pipa PDAM di Jl Raya Porong pecah. Penyebabnya sama, selain penurunan tanah (subsidence), kendaraan berat yang terjebak kemacetan berandil menambah beban yang menekan pipa.

Menurut Kasi Pemeliharaan Jaringan PDAM Surabaya wilayah luar kota Sumartono, dua faktor itu sangat mungkin menjadi penyebab kerusakan pipa PDAM di Jl Raya Porong selama ini. Sebab, lokasi pipa memang tak jauh dari pusat semburan, yaitu sekitar satu kilometer di sebelah barat. “Setiap hari di sini (Jl Raya Porong, Red) selalu macet. Kendaraannya pun besar-besar,” ujarnya.

Pipa diketahui pecah Sabtu sekitar pukul 18.30 WIB. Pipa itu mengalirkan air PDAM dari sumber air Pandaan dengan debit 110 liter per detik. Air sempat menyembur deras dari pipa yang tertanam sekitar dua meter di bawah badan jalan. “Kami segera antisipasi dengan mematikan pompa dari sumber,” jelas Sumartono. Air tak sampai menggenang di badan jalan.

Hingga sore kemarin, perbaikan terus dilakukan. “Malam nanti (tadi malam, Red) semoga bisa selesai,” katanya. Di sejumlah kawasan, pasokan air PDAM memang terganggu hingga kemarin. Meski tak sampai mati total, debit air yang keluar sangat kecil. “Mulai pagi, air yang keluar sedikit sekali, jadi terpaksa diirit,” ungkap Andriyanto, salah seorang warga Perumahan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: