Tokoh Aceh Tawarkan Penghentian Semburan Lumpur Lapindo

23/07/07 22:30 Banda Aceh (ANTARA News) – Seorang tokoh masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, Azmir SH menawarkan jasa untuk menyumbat semburun lumpur panas Lapindo yang sudah lebih setahun luber di Sidoarjo Provinsi Jawa Timur (Jatim).

“Tolong sampaikan kepada Pemerintah Indonesia atau kepada pihak Lapindo bahwa ada seorang Kyai yang sanggup menghentikan luapan lumpur panas di Sidoarjo Jatim itu,” katanya di Tapaktuan, Senin.

Azmir yang juga Ketua Komisi A DPR Kabupaten Aceh Selatan itu mengatakan, Kyai yang disebut-sebut dapat menghentikan luapan lumpur panas Lapindo tersebut berada di salah satu kawasan Jawa Barat (Jabar).

Informasi ini telah disampaikan kepada salah seorang tokoh masyarakat Aceh di Jakarta yang dinilai dekat dengan pejabat berwenang terhadap penanganan bencana tersebut agar proses penanganannya segera dapat dilaksanakan.

“Saat ini saya bersama dengan menantu sang Kyai di Aceh. Insya Allah Kamis (26/7) saya bersama dengan H Muhammad Yahya (menantu Kyai tersebut) akan menuju ke Jawa Barat untuk koordinasi lebih lanjut,” katanya.

Azmir mengaku dirinya diminta untuk menyampaikan informasi ini kepada Pemerintah Pusat yang kini sedang berusaha menghentikan luapan lumpur panas tersebut. Ulama itu mengaku sanggup menanganinya.

“Kyai meminta saya agar menjajaki pihak yang bertanggung jawab terhadap bencana tersebut. Kyai juga meminta saya untuk menyampaikan informasi tentang kesanggupannya menangani masalah tersebut,” katanya.

Disebutkan, Kyai yang berusia sekitar 60 tahun itu tidak meminta imbalan apapun bagi proses penghentian luapan lumpur panas yang telah menelan korban jiwa dan harta benda warga Kabupaten Sidoarjo tersebut.

Untuk meyakinkan Pemerintah, katanya, Kyai itu mampu menangani luapan lumpur panas secara teknologi dan ghaib dalam rentang waktu dua bulan. (*)

Copyright © 2007 ANTARA

Iklan

40 Responses to Tokoh Aceh Tawarkan Penghentian Semburan Lumpur Lapindo

  1. ompapang berkata:

    Mang Ipin,kita tunggu saja respon BPLS kepada tokoh Aceh tersebut, kompak selalu !

  2. mang Ipin berkata:

    Wadoouw Om Papang !!!!!!……rupanya tahu banyak sekaliiiii masalah si Kue CUCUR
    dengan konotasi arti lainnya kalo di Yogja???????????boleh donk Om kapan2 kita barengan makan si Kue CUCUR ,tapi yang arti realnya! coz di tempat ogut sudah agak langka kalo kita sengaja mo cari tuh camilan,juga yang namanya KOLOMBENG baru ogut tahu tuh Om..bentuknya kaya apa ya Om?????? kalo Clorot sich di tempat ogut
    ada! juga tumpeng2 mini ud pernah lihat juga…..lantas tambahan dari Bung Usil yang
    namanya Kukis KOLOMBENG PICA??????? apa ini sejenis makanan dari Sulut????
    rupanya ogut ini disamping GAPTEK juga masih harus belajar banyak dari sohib2 di blog ini…….. eeeh jadi melenceng ya Om/Bung Usil dari Topik awal pembicaraan qta
    mengenai penanganan Si LuSi binti LuLa yang masih liar belum dapat dikendalikan!!
    Kemarin sich ogut lihat dari foto2 di Kompas yang namanya si LuSi ntu sdh ada yang
    mengering di beberapa tempat yang dilaluinya,coman miris sekali melihat genting rmh
    yang sudah merata dengan lumpur kering tsb!!!!!!!!!dan kabar lebih lanjut penyalura
    n tuk pembuangan via Kali Porong sudah mulai menimbulkan pendangkalan&penyempit
    an aliran sungai tsb?????????sepertinya solusi tuk membuang kekali Porong gak ter-
    lalu difikirkan dampak kemudiannya?????so what else????? mbuh!!!!!lam kompak.

  3. ompapang berkata:

    Pak Usil , tak jabel, KELING itu bukan ARAB tapi sebutan pendatang dari INDIA/SRILANGKA/BANGGLADES. Biasanya kulitnya kehitaman.

  4. usil berkata:

    Kue yang usil tahu sih namanya …kukis KOLOMBENG PICA!
    Kukis yang ini…kayaknya pak Inyo kenal deh!

  5. ompapang berkata:

    Iya mang Ipin, kalau gak ada CUCUR diganti KOLOMBENG ( mungkin di Perancis namanya COLOMBINE !) juga CLOROT dan TUMPENG -TUMPENG KECIL DARI KETAN ANYEP (tanpa garam) WARNA WARNI .
    Btw, di Bantul Yogya CUCUR dikenal dengan nama lain yang berkonotasi PORNO, makanya JIN GENDRUWO (laki-laki) juga suka. !

  6. usil berkata:

    Pak Windu koq bingung?? he2x…
    Ooooooh…saya tahu! Memang German gak produksi rice-cooker, tapi
    MOBIL dan KA nya kan ranking atas. Iyo to pak?

  7. usil berkata:

    Sori2 hare gene baru buka blog, habisnya dari pagi tamu mlulu…

    Lha!! ‘makalahnya’ koq nongolnya disini, tentang SANTAPAN lagi!
    Lapar jadinya….piye to??

  8. mang Ipin berkata:

    Naah!!!! tul nggak Bung Usil……apa kata ogut,nanti kalo sudah waktunya si Om ngasih advisnya pasti akan keluar sendirinya……Makasih banyak ya Om Papang tuk
    resep2nya buat para Jin lintas batas benua…Eropah/Arab/Cina/Hindustan????????
    Wooow gak nyangka rupanya vocab si Om ini bukan hanya dalam IPTEK,solusi meng-
    atasi LuSi binti LuLa aza,tapi juga masalah dunia sajen per goiiban gak kalah canggih
    nya nee!!!!!!!!!!!!cuma ada satu kueh kampung yang Om lupa sebut yaitu si kue CUCUR????????? yang menjadi kesukaan manusia maupun dunia halus!!!!!!!!!!!
    Ngomong2 makan bakso ,apa Om Papang sudah mencoba baksonya Cak Narto di
    jalan Embong Malang?????? wueeleh rasanya ueeenaaak tenan kata Timbul!!!!!!!
    kapan2 kalo kita ketemuan/reuni bareng bung Usil,nanti ogut traktir semuanya !!!
    salam kompak selalu.

  9. ompapang berkata:

    Pak Usil & Mang Ipin, ayo kita omong-omong makanan. Tapi bukan yang pernah om makan,melainkan makanan yang dipakai untuk sesaji JIN.
    Di Jateng dan DIY ,sajen atau sesaji tolak bala untuk JIN disamping KEMBANG TELON (bunga tiga macam) mesti ada rokok terutama rokok klembak menyan (terkenal dengan merk Siong) ditambah candu dan juga GECOK (daging sapi dicacah) mentah, sedang minumannya WEDANG CEMBAWUK ( kopi diberi santan) mirip Bajigur . Juga dilengkapi dengan makanan ORIENTAL.(menurut sebutan Londo Eropa).Sesaji itu umumnya untuk JIN Hindu dan Cina. Kalau JIN dari Eropa dan Arab, dilengkapi dengan parfum (minyak wangi ) dan makanan CONTINENTAL /MEDITERAN yang beraroma daun KARI seperti aroma sayur gulai kambing atau nasi kebuli. Sebagaimana diketahui daun KARI atau daun TEMURUI disebut juga daun SALAM KOJA ( Koja = Arab/Pakistan ) . Orang Semarang menyebutnya KORO KELING ( KORO = KARI, KELING = ARAB) sedang orang Jogja menyebut daun TIKUSAN, sebab daun segarnya beraroma mirip bau tikus clurut. Daun KARI adalah bumbu pokok untuk masakan dari daerah Spanyol,Timur Tengah, India terus ketimur sampai Aceh dan Sumatera Utara.(boleh dikata untuk masakan ORIENTAL dan CONTINENTAL)
    Jadi untuk makanan JIN dari Eropa,Timur Tengah, India serta Aceh dan Sumatra Utara, SESAJI atau SAJENnya mesti ada aroma daun KARI dan minyak wangi. Kalau gak, mereka tak dapat diajak komunikasi.
    Kalau untuk sajen Ompapang, pak Usil cukup nyediain semangkok BASO yang asin.Silahkan coba pak Usil dan Mang Ipin !

  10. […] Muhammad Irfan paling tuwa sendiri umurnya 27 tahun, menetap di Jakarta, satu satunya yang mengenal teknologi, menjadi Sarjana, lulusan Unipersitas Endonesia, dia juga lulus Al Ahqaff University Yaman pada […]

  11. Muhardo berkata:

    Didalam dunia mistery atau bahkan bahasa halusnya dalam “agama” ini, apakah jarak juga dikenal ya ?
    Kalau ga dikenal mbok ya didoakan dari jauh saja, masak mengaku Kyai ga bisa, doa jarak jauh sih ?
    Jadi ngga usah mintak ijin sama BPLS kan ?

  12. Windu Hernowo berkata:

    ha ha bingung ??!@#

  13. usil berkata:

    Uuuh! baru tahu aku kalo:
    BERHALA BARU = TEKNOLOGI
    Yang aku tahu, produk TEKNOLOGI adalah: Mobil, Pesawat, rice-cooker dll.
    Tentu kita semua sudah tahu sendiri kegunaannya/kemampuannya.

    Artinya:
    Nasi yg dimasak dengan rice-cooker = dimasak dengan BERHALA BARU
    Naik mobil kemana-mana = menumpang BERHALA BARU
    Calon haji ke Tanah Suci dengan pesawat = naik BERHALA BARU

    Bagaimana ini??

  14. abdulsomad berkata:

    Assalamualaikum wr wb
    Jadi SIAPA yang bisa menghentikan semburan ini?
    Saat nya kita menantang kehebatan TEKNOLOGI yang selalu diagung agung kan kaum hitech….
    bisa kah berhala baru yg bernama TEKNOLOGI ini menunjuk kemampuan?

  15. mang Ipin berkata:

    Yoi !!!! nilai seratui tuk bung Usil******* sebab biar bagaimanapun si Om itu sdh
    lebih banyak makan asam garam dari kita2 ini,seperti pepatah Sunda mengatakan
    bahwa nasi yang kita makan masih kalah jumlahnya dengan garam yang dimakan oleh
    orang2 yang sudah berpengalaman tsb!so kita sangat berharap agar supaya si Om
    gak terlampau kikir untuk menurunkan ilmunya…….iya boleh khan Om???????????
    hatur nuhun pisan….matur suwun sanget………maramin salamat ho.

  16. usil berkata:

    Mang Ipin! Komentar2 diblog ini, tanpa si OM
    Ibarat masakan tanpa garam….mana enak!

    Sal-kom Mang

  17. mang Ipin berkata:

    Huuus!!! bung Usil emangnya si Om itu jangkrik apa???? pake di-kilik2 segala?????
    Ha..ha…ha..********kalo sudah waktunya si Om ngasih pencerahan maka datanglah
    hal tsb dan kita bersyukur n mercy beaucoup tuk ujar2 yang si Om sdh berikan!!!!!!!
    maklum kita harus suabar untuk mendapatkan yang terbaik…iya khan bung Usil,
    salam kompak

  18. usil berkata:

    Busyeeet!!! hari ini lebih seruh dari kemarin..hah?
    Tapi Om, mang Ipin…kalian pake bahasa apaan tuh! Usil cari
    dikamus sanskr. gak nemu eh…olala!
    Halaaa! si Om, 2 minggu usil ‘kili2’ tetep gak bergairah!
    Begitu kena resep Mang Ipin, langsung cerewet dia…assoy!!

  19. mang Ipin berkata:

    He..he..he biza aza si Om ini,ntar kalo si bung Usil sdh ngebuka blog ini pasti dia akan
    bilang …..weleh..weleh, ternyata si Om Papang masih ngikuti acara urun rembug ini….
    makasih ya Om untuk dua pepatah nya,coman ngambilnya jauh2 amat ya Om,yang satu dari Cung Kuo dan satunya lagi dari France….he …he…he,betulnya nasib mujur ntu selalu ada pada semua orang yang selalu mengucap syukur kepada Pencipta Nya.
    karena musibah apapun yang terjadi menimpa kita or rizki yang kita terima haruslah di
    syukuri , iya khan Om??????????sebab dibalik musibah/rizki yang kita terima ,semua itu pasti ada hikmahnya….contohnya para RKL yang dulunya berprofesi sebagai
    para petani/buruh,etc sekarang dengan mendapat penggantian/kompensasi dari LBI menjadi para jutawan dadakan????????? asal saza UM yang sdh diterima ojo di-foya2
    kan!!!!!!!!!!!lam kompak.

  20. ompapang berkata:

    Bungsu juga mang Ipin….!Walau tak terlalu berharap, tidak ada jeleknya diberi kesempatan mang Ipin.Tapi seperti Om pernah bilang di topik yang lain ( 35 paranormal dst ? ) yaitu bahwa di bumi Porong konon bercokol JIN KEPITING raksasa asal dari PAJAJARAN.Jadi hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa Sanksekerta/Hindu. Memetik pengalaman dari usaha paranormal Bali yang berbahasa Hindu, maka seperti kata OM di atas ,kita jangan terlalu berharap, tetapi juga tidak menolak mentah-mentah,sebab seperti pepatah Cina : DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT. Bahasa Perancisnya : DIATAS ILMU FISIKA MASIH ADA ILMU META FISIKA. Dan jangan lupa: diatas USAHA masih ada NASIB.Siapa tahu NASIB MUJUR ada pada pihak kita! Begitu pak Usil.

  21. mang Ipin berkata:

    Bon Jour ,met pagi sohib2 ,salam kompak!!!! ogut begitu buka blog ini langsung gumbira sebab harapan bung Usil untuk dapat masukan suaranya si OmPapang gak sia2?????? makasih berat ya Om buat pencerahannya mengenai Akronim asal per-
    kataan A-C-E-H,coman sayangnya Om si Embah ntu bukan dari sono!!! tapi justru
    yang memfasilitasi nya adalah tokoh masyarakat asal Aceh yaitu Bpk.Azmir SH yang
    mempunyai link dengan menantu pak Kyai dari Jabar .so apa ini berarti gak sesuai dgn
    penjelasan dari si Om ya???????????? waduh suayang sekali Om!!!! tapi yang nama
    nya usaha biar dari manapun yang penting end result nya ya khan OmPapang????????
    Buktinya kegagalan pakai cara HDCB dari para expert salah satu PT sangat bergengsi
    sekalipun dengan biaya yang cukup tinggi dicoba ?????apalagi ini dengan ketulus
    ikhlasan tanpa meminta pembayaran dll apa salahnya diberi kesempatan, iya khan Om
    lam kompak dari Aa

  22. usil berkata:

    Rasain…”bengisnya”!!!

  23. ompapang berkata:

    Eh,mang Ipin, hampir lupa, kalau paranormalnya dari ACEH , om percaya banget, soalnya ngelmunya mesti lebih lengkap dan mampu berkomunikasi dengan JIN dalam 4 macam bahasa sesuai asal aslinya JIN ybs. Saya percaya kalau mereka (paranormal asli ACEH), dapat mambaca mantera dalam 4 bahasa, yaitu Arab, Cina, Eropa terutama Portugis dan bahasa Hindu ( Sansekerta). Bukankah nenek moyang orang A-C-E-H berasal dari 4 bangsa yang berbahasa A=Arab, C=Cina, E=Eropa/Portugis dan H = Hindustan/India seperti AKRONIM yang kita kenal sebagai ACEH. (Ctt: mantera Voodoo di Amerika Latin pakai bahasa Portu juga lho !). Bukankah begitu Pak Usil ?

  24. ompapang berkata:

    Salam kompak juga … mang Ipin !!!

  25. mang Ipin berkata:

    Iya bung Usil kelihatannya si Om belum menyampaikan ide terkininya,mungkin misih
    gak mudheng dengan masukan si Kepala Banteng alias Bullhead reverse squeezing cement dari p.Windhu yang ternyata masih dinas di Pertamina,tuk sohib2 yang bung Usil tanyakan Aa juga masih nunggu mereka punya masukan??????salam kompak

  26. usil berkata:

    Baru nyampe kantor, begitu buka blog….wow! ruaame banget!
    Mang Ipin! Tadinya kukira si Om langsung membombardir dengan
    sedikitnya 15 halaman. Eeeeh!! rupanya dia lagi pake elmu ngirit!
    Mungkin dia lagi mempelajari calon peserta komen???
    Cuman koq, pak Arsolim dan pak Wandi teman lama kita pada kemana ya??

  27. wir berkata:

    Saya usul, gimana kalau ngundang Doraemon aja, siapa tahu dari kantong ajaibnya ada alat untuk menghentikan lusi itu ya. Ok ?

  28. mang Ipin berkata:

    Met pagi tuk semua compadre ,ternyata kita ber-
    hasil juga dapat comment nya dari yang ditunggu Bung Usil ,menyambung yg
    ditanyakan dek.Inyo kalo saya teliti/pelajari apa yang disampaikan oleh wakil rakyat
    NAD maka semua biaya yang dikeluarkan oleh teamnya P.Kyai adalah hundred % tidak dibebankan kepada siapa2 alias pol ditanggung sendiri
    makanya ogut bilang si Om pasti merestui ,dan untuk waktu 2bln dihitung mulai dari acara ritual tsb dimulai diatas tanggul LuSi binti Lula,lantas
    ada usulan yang lebih significant dari si Om untung memakai jasanya Mr.David Copperfield, waoooo!!!!!!biayamya gak nutupin Om,karena buat acara ngilangin MONAS aza dulu habis jutaan $,lah ini biarpun penontonnya sudah pasti mbludak namun gak pasti dapat uang saweran ……iya khan ???????sedang budget dari idenya
    Bambang Bahriro aza coman 50jt gak dapat tanggapan!!!!!!!!!!jadi yang mau jadi sponsornya sopo???????jadi usul ogut mari kita ramai2 ndukung ide si Embah tsb,
    moga2 aza ada terobosan didalam dunia per Ghoiban,ntar kalo sukses kita bisa menta
    si Embah mendatangkan hujan dibeberapa daerah yang sekarang sudah dilanda kekeringan!!!!!!!!!!!ato airnya LuSi di kirim ke daerah Gunung Kidul yang rakyatnya
    sedang kesulitan dengan air???????salam kompak.

  29. ompapang berkata:

    Pak Usil, kalau paranormal sesaji kepala kerbau untuk LULA, lha pak Usil kok malah nawari KEPALA BANTENG (BULLHEAD) untuk MBIJIG LULA, ini njur apa bedanya ?

  30. usil berkata:

    Olala..ngos2an aku nunggunya, tak kiraken lagi pergi liburan.
    Koq gelatik/kakatuanya kadang2 nongol, kadang2 gak!
    Gini Om! urusan cor-mengecor jelas salah posting! lihat dong
    judul(baru) disebelah BULLHEAD….Yuk kita undang Owner blog
    ini biar rame!!!

  31. ompapang berkata:

    Pak Usil Cs, sama-sama menggunakan bantuan JIN, bagaimana kalau kita usulkan David Coperfil untuk menghentikan semburan lumpur barang seminggu saja. Selama seminggu kedalam lubang kita cor campuran beton ribuan m3, sesudah SANG PESULAP lenggek-lenggek baru kita hentikan pengecoran. Bagaimana Pak Usil Cs,SETUJU ?

  32. usil berkata:

    mang Ipin congrat buat you! Usil kalah 1:0
    Kail mang Ipin belum dikasih umpan, langsung diterkam…hiu lagi!
    Sasaran usil kegedean sih…PAUS dari kutub..payah deh!

  33. inyo berkata:

    mang ipin ini inter’ mie-zoto : , coba kita tengok kalimat2 terakhir:
    ….kyai itu mampu menangani luapan lumpur panas scr “teknologi” dan “ghaib”…2 bln, dst.
    1. yg “ghaib” itu gratisan ga papa..lah, silakan trial ‘N error
    tapi….yg bikin penasaran…
    2. yg “teknologi” itu lho apa bisa ditangani scr GRATIS pol ? artinya pihak yg terkait baik masysrakat maupun
    pemerintah ga ngeluarin beaya sama sekali sebelum dan sesudahnya?
    3. …dalam waktu 2 bln..? 2 bln itu dari kapan?, klo misal baru disetujui/boleh dikerjakan >31 th kmd gmn?
    4. salam hehehe….

  34. mang Ipin berkata:

    Lam hangat juga bung Usil,ya ini kita anggap sekedar intermezo aza!!!!! karena kalo
    pemerintah serius tentunya permasalahan Lusi binti Lula ini sudah ada panduan2nya
    apa saja yang harus dilaksanakan di lapangan,bukan hanya sekedar membentuk Tim-
    Nas, sekarang BPLS ….. selanjutnya what else?????????tapi hasilnya apa ???? NOL
    Besar!!!!!!!banyak ahli2 putra bangsa yang memberikan ide2 sangat significant dan
    masuk akal tapi ya karena bangsa dewek???? pancet aza gak di-
    perhatikan!!!!! coba waktu sudara tua ngasih presentasi????? semua petinggi bgtu
    terpukaunya untuk mengikuti presentasi tsb,tapi ya akhirnya ?????? UUD ,pake kalo gak berhasil/sukses harus bayar 1/2nya alias 300M? Uangnya
    sopo???????????yang zelas sudah puasti theory wong Jepun ntu hanya bisnis semata
    emangnya gampang ngatasi luberan lumpur panas yang keluar dari perut bumi???????
    bangsa Belanda dapat membangun DAM untuk melindungi negrinya dari terjangan air
    laut….ya pasti biza aza ..wong musuhnya kelihatan didepan mata!!!!!!! tapi
    ini sopo yang dapat menghitung berapa banyak kandungan lumpur panas tsb yang akan dikeluarkan???????belum lagi proses penurunan permukaan alias amblesan/
    subsidence yang belum dapat diprediksi dengan ilmu pasti???????wasalam

  35. usil berkata:

    mang Ipin! sayang sekali aku ragu jika si Om mau komen disini.
    Dia itu terlalu dominan di-domain iptek, walaupun elmunya yang
    lain juga gak kala bengisnya.
    Selama ini saya “kurang” berhasil memancing harimau turun
    gunung…hmmmm!
    Salam…mang Ipin

  36. mang Ipin berkata:

    he..he..he….bung Usil … ogut juga senang dengar commentnya dari OmPapang,pasti
    beliau juga menyetujui untuk di coba si embah punya elmu itu….paling2 si Om bilang
    ….nothing to lose!!!!!!!. he .he..he,sedangkan waktu ada usulan dari Mr.Santos untuk nandur ECENG GONDOK aza si OmPapang mendukung?????abiz mo gimana lagi Bung Usil,dengan
    cara2 mutakhir saza si LuSi binti LuLa gak dapat diatasi ,jadi coman adu argument diatas kertas thok,yang kasihan dgn Bambang Bahriro sudah di presentasikan segala tapi ya gak ada kelanjutannya!!!!!!nah ini mumpung ada yang minat untuk bantu tanpa pembayaran alias gratui apa salahnya dicoba?????? salam

  37. usil berkata:

    Hik…hik…hik…mang Ipin gimana to? kita berdua ini setali 3 renceng!
    Katannya pak Syahraz tempo hari….GUBRAAAAK!!!
    Kalo omPapang longok kesini, aku gak tahu lagi apa katanya…

  38. mang Ipin berkata:

    Huuus!!!!! bung Usil zangan cepat emongsi donk????? lah namanya wong orang ada
    ide yang baik buat membantu menghentikan disaster LuSi binti LuLa ojo di patahi sumangetnya!!!!!! apalagi ini gak pakai keluar biaya lagi apa salahnya
    dicoba dulu …..khan gak ada ruginya?????? iya tah…..tak kasih waktu 3ulan untuk mempraktekan elmunya si embah? karena kalo lewat bulan November si musin peng-
    hujan wis teko meneh!!!!!jadi nanti ojo nyalahno gara2 hujan sudah turun jadi batal
    dech elmu ghoibnya tsb????????cuma pesan ogut jangan menyemplungkan kembali
    kambing or sapi kedalam danau lumpur yo!!!!! lebih baik dipakan barengan dengan para pengungsi RKL yang masih bertahan di PBP……. selamat mencoba!!!!!!!!!!!!!!

  39. usil berkata:

    Whalah!! jaman modern gini koq urusan penanggulanagn bencana mesti
    pake elmu gaip sih? Mana ada bukti ilmu gaip bisa stop tsunami di Aceh,
    letusan merapi dll? oh….memori!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: