Aliran Kali Tersisa 3 Meter

RADAR SIDOARJO      Senin, 30 Juli 2007
SIDOARJO – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) belum menemukan solusi permanen dan efektif untuk memecahkan sedimentasi lumpur di badan Kali Porong. Hingga kemarin, ekskaponton masih diandalkan untuk mengeruk lumpur yang mulai mengering. BPLS menyatakan masih menggodok metode yang lebih tepat.

Humas BPLS Ahmad Zulkarnaen menjelaskan, tim ahli dan deputi operasional BPLS terus menggodok metode agar lumpur yang mengendap di Kali Porong bisa mengalir. “Kami berusaha secepatnya. Tapi, sambil menunggu, kami efektifkan dulu ekskaponton,” ujarnya.

Di Kali Porong, tampak dua ekskaponton. Namun, hanya satu yang beroperasi karena yang satu lagi rusak. Ponton bagian bawah robek setelah dipaksa melalui lumpur yang sudah mengering.

Upaya BPLS mengeruk lumpur di Kali Porong sejak Kamis (26/7) itu memang belum optimal. Alat berat tidak bisa bekerja baik karena banyak lumpur yang mengering. Karena itu, ekskaponton digunakan untuk memecah sedimen-sedimen lumpur. “Target kami memang memecah dulu,” jelasnya. Tujuannya, memulai persiapan sebelum musim hujan mendatang turun.

Berdasar pengamatan Jawa Pos, hingga kemarin, endapan lumpur masih memenuhi hampir seluruh badan sungai selebar 80 meter. Hanya tersisa tiga meter yang bisa dilalui air. Tebal endapan lumpur sekitar 2 meter dari dasar sungai dan makin luas.

Sebagaimana diberitakan, akibat sedimentasi lumpur yang semakin tinggi dan meluas di Kali Porong, ancaman banjir menghantui kawasan Sidoarjo, Surabaya, serta Pasuruan.

Direktur Teknis Perum Jasa Tirta I Sukistiono menyatakan khawatir terhadap kondisi Kali Porong jika nanti turun hujan. Sebab, sedimentasi Kali Porong oleh lumpur akan menyebabkan air menekan tanggul dan bisa menjebolnya jika debit air tinggi.

“Kalau jebolnya di sebelah utara, Sidoarjo dan Surabaya terancam. Sebaliknya, jika sisi selatan yang jebol, Pasuruan dan sekitarnya akan terkena imbas,” tegasnya beberapa pekan lalu. (dyn)

Iklan

One Response to Aliran Kali Tersisa 3 Meter

  1. Arek Doarjo berkata:

    Lah wong wis dikandani kawit biyen ga percoyo kambek bangsane dewe sih. Lah nyaopo gae ahli-ahli rusia, ahli jepun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: