Ditemukan Semburan Baru Terbesar

Selasa, 31 Juli 2007,
SIDOARJO – Semburan (bubble) baru kembali muncul di sekitar lokasi semburan lumpur Lapindo. Berdasarkan kekuatan dan ukuran semburan, bubble itu merupakan yang terbesar, selain semburan utama di pusat lumpur. Semburan baru itu muncul di sebelah timur Pabrik Pacific Presstres Indonesia (PPI), di Kelurahan Siring, Kecamatan Porong. Posisi semburan yang muncul sejak Sabtu (28/7) itu terletak sekitar 50 meter di sebelah selatan pos pintu masuk menuju pusat semburan. Dari pusat semburan, jaraknya sekitar 500 meter di sebelah barat.

Seperti halnya bubble yang ditemukan sebelumnya, air menyembur cukup deras. Diameter kawah semburan mencapai sekitar 2-3 meter. Ketinggian dari permukaan mencapai sekitar 20-30 cm.

Menurut Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Ahmad Zulkarnaen, saat pertama muncul, semburan tidak terlalu besar. “Bubble baru membesar sore tadi (kemarin, Red),” jelasnya.

Zulkarnaen memperkirakan semburan tersebut memiliki kekuatan cukup besar. “Asumsinya, berhasil menembus lapisan lumpur yang cukup tebal dan mulai mengering,” jelas Zulkarnaen.

Lokasi sekitar bubble baru itu memang sudah dipenuhi endapan lumpur yang mulai mengeras. Ketebalannya sekitar 6 meter di atas permukaan tanah. “Dari pengamatan sementara, kandungan terbesar dari semburan yang keluar adalah gas,” jelasnya.

Namun, lanjut Zulkarnaen, kandungan serta jenis gas yang keluar belum diketahui secara pasti. “Baru besok (hari ini, Red) Fergaco (perusahaan pengawas gas, Red) memeriksanya,” ungkapnya.

Hingga hari ini, jumlah bubble di sekitar lokasi luapan lumpur diperkirakan sudah mencapai 60. Semburan itu tersebar di beberapa lokasi dalam radius satu kilometer dari pusat semburan. Semburan baru yang terakhir muncul adalah bubble di bangunan milik Herman Samin, 54, warga Kelurahan Jatirejo, Porong.

Semburan-semburan baru diperkirakan terus bermunculan. Hal itu disebabkan bubble-bubble tersebut berada di kawasan zona lemah.

Menurut Ir Ahmad Zainudin MST, salah seorang geolog dari Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di kawasan zona lemah, kondisi bawah permukaannya sudah sangat rapuh, sehingga potensi munculnya bubble lain sangat besar.

Kawasan zona lemah muncul sebagai akibat pergerakan jalur patahan Watukosek. Jalur patahan itu membujur dari arah timur laut-barat daya, melewati pusat semburan utama. Radiusnya sekitar tiga kilometer. “Di sekitar kawasan itulah bubble-bubble lain akan terus bermunculan,” jelas Zainudin.

Meski demikian, dia yakin, bubble-bubble tersebut tidak akan membesar seperti yang terjadi di pusat semburan. “Selama semburan utama tidak disumbat atau tersumbat, semburan-semburan kecil tidak akan membesar,” ujarnya. (dyn)

Iklan

9 Responses to Ditemukan Semburan Baru Terbesar

  1. CHANDRA SINGH ASSGF berkata:

    Ya memang fenomena alam yang tak lain adalah laknat untuk daerah jawa karena orang jawa masih banyak yg berhala dan rakus akan harta dan jabatan alias duniawi nya lebih besar dan menghalalkan segala cara, sebaiknya orang jawa sadar dan buka mata lebar-lebar lihat gimana islamnya

  2. stya berkata:

    itulah sebagaian fenomena alam yang diturunkan oleh allah.melalaui kejadian ini manusia diharapkan dapat mendapatkan hikmah dan hidayah,tidak hanya menganggap fenomena ini sebagai cobaan atau musibahy tetapi Qita dituntut untuk lebih berusaha untuk mempelajari ilmu pengetahuan serta kekuasanNYA. sebenarnya kejadian ini adalah fenomena yang sangat alamia dan dapat dijelaskan dengan ilmu pengetahuan.

  3. Semar berkata:

    Lha kok bertambah bocornya..Makin di tambal lubang utamanya kok ada lubang baru lagi di lain tempat….Itu tandanya memang sudah banyak retakan di bawah tanah sekarang ini…

  4. arjuna9398 berkata:

    Ya Allah..

  5. nailah zhufairah berkata:

    subhanallah…. Allah pun menunjukkan kekuasannya…semoga manusia cepet2 tobat yaa

  6. ryev4 berkata:

    Sampai Kapan Ya Kira2 Ya Kita Perbanyak Aja Berdoa Ma Dzikir Moga Cepat Reda Dan Tidak Berakibat Yang Tidak Diinginkan Dan Cepat Dapat Solusi Yang Enak 😥

  7. suprie berkata:

    Kita hanya bisa berdoa semoga semburan tersebut cepat mereda amien…

  8. julfan berkata:

    wah, mudah2an cepat ditangani mas

  9. usil berkata:

    Aduuuh! paragraf terakhir dari pak Zainudin:”selama semburan utama
    tidak disumbat……dst.”
    Akhirnya, para pakar mengakui juga bahwa lubang utama jangan disumbat,
    sebab akan timbul semburan baru……………dst.
    Kenapa baru sekarang tereaknya pak! Mestinya dari dulu, waktu team
    PAKAR mau masukan ‘pil’ ajaibnya yang soft itu. Sekarang telat!

    Apa sekarang makin bisa dikonfirmasi bahwa tekanan dibawah sana adalah
    GEOTHERMAL? Seperti yang diprediksi oleh pak RIrawan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: