Turun, Kadar Oksigen Kali Porong

RADAR SIDOARJO      Kamis, 02 Agt 2007
SIDOARJO – Kualitas air Kali Porong terus memburuk. Intensitas pembuangan lumpur ke sungai itu perlu segera dicarikan solusi agar kualitas air terselamatkan. Salah satunya, memperluas tanaman hutan bakau.

Sekjen Dewan Lingkungan Sidoarjo (DLS) Nurul Ahdi menyatakan memahami dilema yang dihadapi Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS). Sebab, tugas badan tersebut memang berat. Namun, dia berharap kualitas lingkungan tetap dijaga. Saat ini, telah terjadi penurunanoksigen terlarut (DO). “Secara independen, kami terus memantau,” ujar Nurul yang dibekali alat bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Penurunan oksigen itu terlihat, antara lain, di Desa Permisan dan sekitar jembatan tol Desa Besuki, Kecamatan Jabon. Pengukuran terakhir yang dilakukan Sabtu 8/7) lalu, kadar DO di Desa Permisan hanya 0,02, sedangkan di jembatan tol Desa Besuki 0,05. “Angka itu sudah sangat kritis,” katanya.

Menanggapi hal itu, Humas Badan Penanggulangan Lumpur BPLS Ahmad Zulkarnaen berjanji menyampaikan laporan tersebut dalam rapat. “Solusi dan langkah lebih lanjut akan kami rumuskan nanti,” jelasnya. Dia juga berterima kasih atas laporan semacam itu. “Kami memang tidak bisa bekerja sendiri. Partisipasi seperti ini yang memang terus kami harapkan,” ungkapnya. (dyn)

Iklan

One Response to Turun, Kadar Oksigen Kali Porong

  1. mang Ipin berkata:

    Waduuh !!! kalo sampai benar2 sudah kritis macam yang terditeksi oleh pejabat Sekjen Dewan Lingkungan Bpk.Nurul Ahdi memakai alat DO yang cukup akurat …..
    itu sama saza artinya gak lama lagi semua biota air termasuk ikan,tumbuhan air, bahkan bakteri sekalipun gak lama lagi akan pada mate! karena paling tidak kadar
    Oxygen yang dibutuhkan pada parameter BOD adalah 2 s/d 4ppm, sedang ini jauh di
    bawah standar yang diperlukan!!!!! apakah dari KLH, WALHI maupun instansi terkait
    belum ada yang menyadarinya?????????ogut usulkan untuk segera hal ini dapat di-
    atasi yaitu memakai sejenis AERATOR untuk meningkatkan kadar Oxygen tsb,coz dgn
    adanya kasus tsb akan menimbulkan efek domino bagi kelangsungan mahluk hidup yang ada di sekitar dampak penurunan DO tsb….cuma usul saza!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: