Pipa Gas Pertamina Segera Dipotong

RADAR SIDOARJO      Rabu, 08 Agt 2007
SIDOARJO – Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) meminta Pertamina segera memotongpipa gas yang melintang di luapan lumpur bekas jalan tol Porong-Gempol. Pipa-1,2 kilometer itu dinilai menghalangi aliran lumpur meski sudah tidak berfungsi.

Humas BPLS Achmad Zulkarnain mengatakan, menunggu tim dari Pertamina Surabaya. “Kami sudah layangkan surat. Katanya, minggu ini dilaksanakan,” ujarnya kemarin (5/8). Pertamina, kabarnya, sedang membentuk tim untuk memotong pipa yang kini berada di medan sulit karena terendam lumpur panas.

“Untuk memotong pipa tersebut, dibutuhkan banyak tenaga,” kata Zulkarnain.

Letak pipa Pertamina yang mengambang di lumpur mengganggu laju aliran lumpur dari tanggul utama pusat semburan menuju tanggul penahan lumpur di wilayah Perum TAS I Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin. Untuk mengantisipasi itu, BPLS sementara ini mengeruk bawah pipa agar lumpur tetap mengalir.

Disinggung persiapan menjelang musim hujan, Zulkarnain tidak khawatir. Menurut dia, diperkirakan, debit air Kali Porong berkisar 800 m3 pada musim hujan. Dia berharap, endapan lumpur bisa digerus dengan air hujan di Kali Porong. “Aliran air Kali Porong sangat deras. Berdasar survei, tanah yang digerus banyak sekali. Nah, ini kesempatan untuk mengurangi endapan itu,” jelasnya. (riq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: